CIREBON – Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati belakangan kerap mengunggah berbagai produk di Instagram miliknya. Bak selebgram, wawali mengenalkan hasil produksi UKM. Mulai dari telur asin sampai siomay.
Berbagai unggahan ini, disebut wawali sebagai upaya membantu UKM untuk promosi. Kepada Radar Cirebon, Eti mengaku tidak keberatan. Justru ia bersedia dan dengan senang hati melakukannya demi kebangkitan UKM Kota Cirebon.
“Sebenarnya ini sudah lama. Banyak yang endorse makanan. Sebagian besar adalah produk UMKM Cirebon. Saya juga promosikan Batik Kriyan,” kata Eti, kepada Radar Cirebon, Minggu (21/6).
Eti mengaku, endorse produk UKM dilakukan di sela waktu luangnya. Bahkan saat Ramadan, banyak UKM yang meminta dibantu mempromosikan kue lebaran. “Lama-lama saya bisa jualan beneran nih,” ujarnya, berkelakar.
Bagi Eti, mempromosikan produk UMKM membawa kenikmatan tersendiri karena bisa membantu mengangkat produk domestik Cirebon. Apalagi melalui instagram miliknya, dengan follower sekitar 4.600-an dan mereka tidak hanya di kota. Banyak yang berasal dari luar daerah. “Ini bagian tugas saya bagaimana mendongkrak produk UMKM kepada masyarakat luas, termasuk hingga ke mancanegara,” terangnya.
Sehingga tidak perlu heran, apabila di Instagram wawali banyak dijumpai foto hingga video endorse aneka jenis produk UMKM. Khusus kuliner, bagi Eti bukan sesuatu yang asing. Sebelum merintis di dunia politik dirinya terbiasa berburu kuliner saat sedang keluar daerah, termasuk sampai ke luar negeri. Kebiasaan itu, sudah jadi bagian dari hobinya.
Dan endorse makanan ini, sebenarnya berawal dari ketidaksengajaan. Ketika ada yang meminta, bagi Eti bukan hal yang sulit untuk mengiyakan. “Ini kan bagian dari memperkenalkan produk Cirebon. Khususnya pandemi covid 19 butuh pemulihan ekonomi dan UMKM,” tandasnya.
Eti pun berkeyakinan, pariwisata Kota Cirebon juga industri kuliner hingga UKM bisa segera bangkit. Dan pemulihan ekonomi dapat terlaksana dengan baik. (abd)