2023, Disdik Cirebon Targetkan Zero Anak Putus Sekolah

putus-sekolah
Bupati Cirebon Drs H Imron MAg bersama Kadisdik H Ronianto SPd MM bertekad mewujudkan zero anak putus sekolah. Foto: Andri Wiguna/Radarcirebon.id
0 Komentar

CIREBON, RADARCIREBON.ID -Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon menargetkan di tahun 2023 tidak adalagi anak sekolah yang drop out dari dunia pendidikan atau putus sekolah.

Oleh karena itu,keberadaan lembaga pendidikan nonformal akan dioptimalkan sehingga tidak ada lagi anak putus sekolah.

Kehadiran lembaga nonformal sendiri untuk menampung dan memastikan para peserta didik yang mengalami kendala menempuh pendidikan formal atau putus sekolah.

Baca Juga:Pemkab Indramayu Jemput 45 Tenaga Kerja yang Telantar di MorowaliPetani Garam Stop Produksi, Kini Beralih Budi Daya Ikan

“Target kita tahun ini tidak adalagi anak didik yang putus sekolah, kita akan optimalkan sektor pendidikan nonformal sehingga zero putus sekolah bisa dioptimalkan,” ujar Kadisdik Kabupaten Cirebon H Ronianto SPd MM.

Birokrat yang akrab disapa Roni itu, mengapresiasi LKP dan LPK sebagai kegiatan nonformal di Kabupaten Cirebon dalam upaya meningkatkan partisipasi para peserta didik sehingga tidak ada lagi anak putus sekolah.

“PKBM di Kabupaten Cirebon ada 78, perannya sangat vital sekali karena PKBM ini yang nantinya bekerja sebagai sweeper agar tidak  ada anak-anak yang putus sekolah,” imbuhnya.

Kadisdik murah senyum ini meminta seluruh kepala sekolah agar jangan mengeluarkan anak didik yang bermasalah tetapi mereka harus dipindahkan ke bidang PNF.

Begitu pula dengan siswa yang akan melanjutkan ke jenjang SMP/SMA sederajat, Disdik akan mendata dan menyisir lulusan sekolah.

“Ketika tidak memungkinkan untuk jenjang formal maka akan diarahkan ke sekolah non formal sehingga anak tetap mendapatkan pendidikan dengan harapan tidak ada lagi siswa putus sekolah,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon Drs H Imron MAg mengapresiasi sejumlah karya yang dibuat oleh siswa pendidikan nonformal di Kabupaten Cirebon.

Baca Juga:Kemenag Tegaskan Asrama Haji Indramayu Siap Layani Jamaah HajiInflasi Sentuh 7 Persen, Pemkab dan Bulog Cirebon Genjot Operasi Pasar

Karya-karya tersebut, lanjut Imron, dihadirkan dalam kegiatan gebyar pendidikan masyarakat (Dikmas), yang diikuti oleh siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), maupun lembaga keterampilan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena tadi ditampilkan juga karya-karya siswanya,” ujar Imron 2023 di sela-sela acara Gebyar Dikmas di Taman PKK, Minggu (5/3/2023).

0 Komentar