5 Makanan Khas Daerah Kuningan yang Paling Familiar, Coba dan Rasakan!

5 Makanan Khas Daerah Kuningan yang Paling Familiar, Coba dan Rasakan!
Leupeut, makanan khas daerah Kuningan
0 Komentar

RADARCIREBON.ID – Makanan khas daerah Kuningan, Jawa Barat, ada banyak ragam dan jenisnya.  Di antara belasan bahkan puluhan makanan khas daerah Kuningan, setidaknya ada 5 makanan khas daerah Kuningan yang paling familiar.

5 makanan khas daerah Kuningan yang paling familiar ini tergolong relatif ekonomis alias murah, mudah didapat, disukai semua lapisan masyarakat. Konon sudah ada sejak zaman penjajahan. Pada zaman dahulu warga setempat membuatnya untuk konsumsi sendiri atau sengaja diproduksi di rumah untuk dijual di warung atau pasar.

5 makanan khas daerah Kuningan yang paling familiar antara lain leupeut, golonoh, kwecang, kue satu dan gemet. Warga Kuningan di perantauan biasanya akan membawa salah satu makanan khas tersebut untuk oleh – oleh tetangga, sahabat atau rekan kerja.

1. Leupeut

Baca Juga:Mengunjungi Desa Cibuntu, Desa Wisata di Kuningan yang Memegang Teguh Sapta Pesona WisataAlhamdulillah, Kuota Haji Kabupaten Kuningan Tahun 2023 Meningkat Jadi 1.009 Jamaah

Leupeut yaitu makanan khas daerah Kuningan yangterbuat dari beras ketan dan biasanya dibungkus dengan daun kelapa. Berbeda dengan leupeut dari daerah lain, leupeut dari Kuningan berukuran kecil seukuran jempol orang dewasa saja.

Mempunyai tekstur kenyal namun punya cita rasa gurih karena dalam proses pembuatannya ada tambahan bahan santan dan terkadang terselip beberapa butir kacang tanah dan potongan kecil kelapa. Dengan ukurannya yang kecil, leupeut sangat cocok dinikmati sebagai teman minum kopi atau teh panas saat kondisi sedang hujan atau cuaca dingin di pagi hari dan malam.

2. Golonoh

Makanan khas daerah Kuningan yang satu ini berasal dari wilayah Timur Kuningan seperti kecamatan Ciniru,  Cibingbin, dan Luragung. Camilan lawas yang satu ini terbuat dari ampas tahu yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah, garam dan penyedap rasa, kemudian dibulat-bulat, dibalut tepung terigu lalu digoreng.

Gorengan golonoh biasanya hadir sebagai cemilan saat pagi sebagai teman makan serabi atau nasi kuning. Kini golonoh banyak disajikan di rumah makan atau warung nasi kasreng sebagai lauk pelengkap.

0 Komentar