28 Warga Dapat Bantuan Kruwcil, Kasi PMD: Tanpa Bunga dan Jaminan

kruwcil
Warga Desa Jatisawit Kecamatan Jatibarang yang memiliki usaha warung kecil antusias menyambut program Kruwcil. Foto: Anang Syahroni/Radarcirebon.id
0 Komentar

INDRAMAYU, RADARCIREBON.ID – Salah satu program unggulan Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA yakni kredit usaha warung kecil (Kruwcil) sangat dirasakan warga.

Salah satunya warga yang memiliki usaha warung kecil di Desa Jatisawit Kecamatan Jatibarang.

Kasi PMD Kecamatan Jatibarang Maman Fadillah SH mengatakan, pihaknya bersama Pemerintah Desa Jatisawit memfasilitasi warga yang memiliki usaha warung kecil untuk pengajuan kredit.

Baca Juga:Kucuran APBN 0 Rupiah, Perbaikan Jalan Rusak Cirebon hanya Andalkan APBD 2023Hotel Naik 300 Persen, Tiadakan Paket Umroh Ramadhan 2023

Untuk memberi kredit kepada pelaku usaha warung kecil ini, lanjut Maman, pihaknya menggandeng BJB Indramayu lewat program Kruwcil.

“Tahap pertama ada 28 warga di Desa Jatisawit yang memiliki usaha warung kecil kita fasilitasi untuk dapatkan Kruwcil. Insya Allah tahap kedua ada 60 orang lagi,” ungkap Maman.

Dijelaskan Maman, melalui program Kruwcil ini, warga yang memiliki usaha warung kecil bisa mendapatkan kredit dari bank yang sudah bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Warga yang memiliki usaha warung kecil, lanjutnya, bisa dengan mudah mengajukan kredit maksimal Rp5 juta tanpa bunga dan tanpa jaminan.

“Persyaratannya cukup KTP, surat keterangan usaha, dan BI ceking,” ujar Maman.

Dengan syarat yang mudah, lanjut Maman, warga yang memiliki usaha warung kecil bisa ajukan kredit tanpa bunga dan jaminan sesuai kebutuhan untuk menambah modal usaha warungannya.

Melalui progrom Kruwcil itu, lanjut Maman, warga yang memiliki usaha warung dapat terbantu dalam hal segi permodalannya.

Baca Juga:Jadwal Sholat untuk Kabupaten Indaramyu, Rabu 8 Maret 2023Jadwal Sholat untuk Kabupaten Cirebon, Rabu 8 Maret 2023

Sehingga, sambungnya, pelaku usaha warung kecil ini mampu bertahan dalam menjalankan usaha di tengah-tengah persaingan usaha,

“Selain itu, dengan modal yang diberikan tanpa bunga dan jaminan, mereka juga dapat mengembangkan usahanya lebih besar lagi,” tandas Maman.

Tak sebatas itu saja, sambung Maman, Pemcam Jatibarang juga secara rutin melaksanakan kegiatan belanja di warung tetangga atau warung-warung di wilayah Kecamatan Jatibarang.

“Hal itu dilakukan, sebagai upaya untuk mendukung usaha-usaha mikro di wilayahnya,” kata Maman.

0 Komentar