Wajib Tahu! Sunnah Berbuka Puasa Dengan Kurma: Ini Dia Anjuran, Manfaat dan Juga Haditsnya

Wajib Tahu! Sunnah Berbuka Puasa Dengan Kurma: Ini Dia Anjuran, Manfaat dan Juga Haditsnya
Wajib Tahu! Sunnah Berbuka Puasa Dengan Kurma: Ini Dia Anjuran, Manfaat dan Juga Haditsnya. foto: islampos - radarcirebon.id
0 Komentar

Anjuran Berbuka Puasa Dengan Kurma, Apakah dalam Jumlah Ganjil?

Dari hadits di atas dapat kita ketahui bahwa berbuka puasa dengan kurma merupakan kebiasaan, anjuran atau sunnah yang selalu dilakukan Nabi Muhammad Saw.

Namun demikian, banyak masyarakat yang menyimpulkan anjuran memakan buah kurma saat berbuka puasa adalah makan dengan jumlah ganjil. Tetapi sebenarnya tidak demikian.

Makan kurma dengan jumlah ganjil saat berbuka puasa itu tidak ada sunnahnya atau tidak ada dalil shahih yang menyatakan hal tersebut.

Baca Juga:Wajib Coba! Ini 5 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan yang Pasti Laris, Menguntungkan dan BerkahApa itu Imsak? Yuk Ketahui Bersama! Berikut ini Penjelasan Makna dan Juga Arti Kata Imsak

Disuunnah memakan kurma dengan jumlah ganjil yakni pada saat ingin berangkat Shalat idu Fitri, berikut haditsnya.

Diriwayatkan oleh Bukhari, dari Annas bin Malik radhiallahu’anhu beliau berkata:

“Biasanya Rasulullah Salallahu’alaihi wa sallam tidak berangkat pada hari raya idul fitri sampai makan beberapa kurma, dan beliau makan (dengan jumlah) ganjil. Selain keadaan tersebut, maka Nabi Saw tidaklah menyengaja makan kurma dalam jumlah ganjil” (HR. Bukhari).

Manfaat Berbuka Dengan Kurma

Dilansir dari halodoc, buah kurma memiliki beragam kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh ketika mengkonsumsinya saat berpuasa, memiliki kalori, karbohidrat, serat, protein, magnesium, potassium, mangan, tembaga, zat besi dan juga vitamin B6.

Dari kandungan yang ada pada buah kurma, buah kurma dapat bermanfaat untuk mencegah sembelit saat berpuasa.

Manfaat lainnya juga dapat membantu menjaga kesehatan otak sehingga lebih fokus saat beraktivitas, menjaga kadar gula darah ketika berpuasa dan menambah energi saat berpuasa.

Demikian informasi tentang ‘Wajib Tahu! Sunnah Berbuka Puasa Dengan Kurma, Ini Dia Anjuran, Manfaat dan Juga Haditsnya’ semoga bermanfaat.

0 Komentar