Gagal SNBP 2023? Jangan Khawatir, Anda Bisa Masuk PTN Lewat 5 Jalur Ini

Gagal SNBP 2023, Ikuti 5 Jalur Masuk PTN
Gagal SNBP 2023, Ikuti 5 JAlu Masuk PTN/radarcirebon.id
0 Komentar

Apabila Kuota nantinya masih belum terpenuhi, maka PTN dapat memperpanjang gelombang seleksi mandiri hingga tanggal 15 agustus.

Nama jalur Mandiri berbeda beda  setiap perguruan tinggi negeri sehingga kamu harus tahu nih nama – nama nya sesuai PTN yang anda tuju.

Daya tampung untuk seleksi Mandiri oleh PTN ditetapkan dengan maksimal sebesar 30% untuk PTN, sedangkan PTN-BH memiliki kuota maksimal 50%.

Baca Juga:5 Destinasi Alam Terbaik Jawa Barat Yang Wajib Ada di Booklist Kunjungan AndaTutorial Hijab Simpel Cocok Untuk Lebaran 2023! Terlihat Elegan dan Anggun

Jalur Masuk Universitas Islam Negeri

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN)/ Institut Agama Islam Negeri (IAIN)/Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di indonesia dilakukan secara nasional. Jika Universitas Impian anda adalah Universitas Islam Negeri. Maka peluang nya akan semakin besar. Berikut Ini beberapa jalur masuk universitas islam negeri yang bisa kamu pilih untuk masuk ke universitas islam negeri.

3. SPAN-PTKIN

Jika anda tidak lolos SNPB 2023, jalur selanjutnya yang bisa dicoba adalah SPAN-PTKIN  . Jalur ini merupakan seleksi yang dilaksanakan secara nasional  oleh seluruh perguruan tinggi dalam satu sistem yang terpadu yang diselenggarakan oleh panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara Nasional yang diikuti oleh 59 perguruan tinggi.

Penilaian SPAN-PTKIN berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis.

Yang bisa mendaftar SPAN-PTKIN adalah siswa dari MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan diniyah formal.

Catat tanggal penting SPAN-PTKIN:

  • Pengisian PDSS : 17 Januari – 13 Februari 2023
  • Verifikasi PDSS : 17 Januari – 13 Februari 2023
  • Pendaftaran (Siswa) : 16 februari – 4 Maret 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi : 03 April 2023
  • Proses Pendaftaran ulang di PTKIN : ditetapkan masing – masing

4. UMPTKIN

Jika anda tidak lolos SNPB 2023, jalur selanjutnya yang bisa dicoba adalah UMPTKIN. Jalur ini merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh 58 PTKIN dan PTN dengan Program studi keagamaan yang izin operasional telah diterbitkan oleh kementerian Agama Islam RI melalui ujian tulis berbasis sistem seleksi elektronik (SSE).

0 Komentar