RADARCIREBON.ID – Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan dalam bisnis kuliner adalah dengan cara menentukan harga jual makanan dan menetapkan harga yang tepat.
Tentunya cara menentukan harga makanan yang tepat yaitu dengan mempertimbangkan banyak faktor.
Anda harus menghitung biaya bahan baku yang dibutuhkan dan menambahkannya ke biaya produksi. Simak ulasan di bawah ini tentang cara menentukan harga jual makanan:
Baca Juga:Mudik Diprediksi Mencapai Angka 123 Juta Orang, Ini yang Dikatakan Jokowi Kepada Gubernur di Pulau JawaCara Mengatasi Kencing Terus-menerus
Tips & Cara Menentukan Harga Jual Makanan
Dalam menentukan harga jual makanan, kamu bisa menggunakan sejumlah rumus di bawah ini:
1. Markup pricing
Anda hanya perlu menambahkan persentase kemenangan yang ingin Anda terima ke hadiah tambahan. Tingkat pengembalian ini berasal dari semua biaya modal yang Anda dan keluarga Anda miliki di awal.
Berikut ini adalah rumus markup:
Harga Jual = Harga Pokok Modal + (Harga Pokok Barang x Markup)
Misalnya Anda ingin menjual minuman kopi susu dengan modal Rp 10.000. Tingkat keuntungan yang dapat dicapai adalah 20 persen. Jadi anda harus menjual kopi dengan susu dengan harga sebagai berikut :
Harga Jual = Rp 10.000 + (10.000 x 20%)
Harga jual = Rp 12.000
2. Margin pricing
Dengan metode margin pricing, Anda harus menentukan terlebih dahulu harga jual yang ingin Anda tetapkan. Setelah itu, baru hitung harga margin yang Anda dapatkan. Harga ini dapat diperkirakan jika sesuai dengan target pasar.
Berikut ini adalah rumus harga margin:
Margin = (Harga Jual – Harga Modal) / Harga Jual
Misalnya Anda ingin berjualan ayam geprek dengan modal Rp 10.000. Maka harga jual yang Anda tetapkan adalah Rp 20.000. Ini adalah biaya marjinal yang Anda dapatkan:
Margin = (Rp 20.000 – Rp 10.000) / Rp 20.000.
Margin = 50% Selanjutnya kita kaji pasar sasaran dan pesaing yang memasarkan produk sejenis. Analisis margin sesuai atau terlalu mahal.
3. Harga bundling
Bundling adalah cara memasarkan lebih dari satu produk dengan satu harga. Secara umum, harga paket lebih rendah daripada pembeli produk ini secara individual. Penetapan harga paket juga harus dikalikan dengan total produk.