Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Kram Saat Tidur

Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Kram Saat Tidur
Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Kram Saat Tidur. foto: doktersehat - radarcirebon.id
0 Komentar

3. Terkena Dehidrasi

Ternyata dehidrasi juga termasuk penyebab kaki kram saat tidur yang sering terjadi.

Kekurangan cairan tubuh bisa membuat otot menegang dan mengalami kram saat tidur.

Untuk itu, pastikan Anda minum air yang cukup minimal 8 gelas setiap hari.

Baca Juga:Inspirasi 7 Cara Menata Bunga di Teras Rumah Sederhana, Cantik dan MenawanJangan Panik! Ini Cara Mengatasi Kaki Kram Saat Tidur

Perlu Anda ketahui bahwa otot sebenarnya perlu diregangkan secara teratur agar berfungsi dengan baik dan mencegah terjadinya kram.

Untuk itu saat bekerja atau belajar, jangan lupa luangkan waktu untuk melakukan peregangan atau stretching.

5. Melakukan Latihan Otot yang Berlebihan

Olahraga yang berlebihan, dengan intensitas tinggi secara mendadak, juga dapat memicu kelelahan otot pada kaki dan rentan mengalami kram saat tidur.

Anda harus ketahui durasi olahraga yang dianjurkan untuk pemula yakni maksimal 30 menit setiap 2–3 hari seminggu. Untuk menambahnya anda bisa meningkatkan intensitas dan durasinya secara perlahan-lahan.

Perhatikan pula kenyamanan anda saat olahraga, seperti memakai sepati dengan ukuran pas dan sesuai dengan jenis olahraga, dan melakukan peregangan sebelum olahraga.

6. Memiliki Penyakit Tertentu

Selain itu, terdapat juga beberapa penyakit tertentu yang bisa meningkatkan risiko terjadinya kaki kram saat tidur.

Penyakit tersebut seperti: Gagal ginjal akut, Penyakit ginjal kronis, Diabetes, Anemia, Gula darah rendah, Penyakit hati atau sirosis, Gangguan tiroid, Osteoarthritis.

Baca Juga:6 Teori Drakor Duty After School, Karakter Jang Young Hoon Masih Hidup, Mungkinkah?KENALI Desainer 5 Calon Logo Nusantara Yang Terpilih, Nama dan Latar Belakangnya

Ketika mengalami kram saat tidur anda dapat melakukan peregangan otot betis dengan menekuk kaki ke atas, lalu goyangkan kaki dan lakukan pijatan lembut, Kompres kaki dengan kompres es atau air panas, kemudian posisikan kaki lebih tinggi dari badan saat tidur.

Atau dengan cobalah bangun dari tempat tidur dengan berdiri sambil menekan kaki ke lantai dengan kuat. Atau dengan posisi tubuh bangun dan kaki selonjor, lalu tarik jari-jari kaki ke arah Anda.

0 Komentar