GAMPANG BANGET! 4 langkah cara mencari jurnal di sinta dan cara downloadnya

cara mencari jurnal di sinta
cara mencari jurnal di sinta.radarcirebon.id-IST
0 Komentar

Sehingga koleksi jurnal di dalam SINTA terus bertambah, apalagi dengan bertambahnya publikasi jurnal oleh seluruh dosen dan peneliti di Indonesia. Secara garis besar, berikut adalah berbagai koleksi data jurnal di laman SINTA:

Jurnal Nasional Terakreditasi

Koleksi yang pertama tentu saja dari jurnal nasional terakreditasi oleh ARJUNA. Sesuai dengan ketentuan dari Ditjen Dikti, publikasi jurnal nasional wajib terakreditasi di ARJUNA.

Bagi dosen yang ingin mempublikasikan jurnal nasional, maka wajib memastikan sudah memilih jurnal terakreditasi. Sehingga kualitas jurnal dijamin kredibel dan bisa mendapatkan nilai tinggi, misalnya masuk SInta 2 atau malah SInta 1.

Baca Juga:GAMPANG! 3 step cara membuat presentasi dengan master presentasi klikUHUYYYYY! Sudah Naik UMK Kabupaten Indramayu 2023, Yuk Simak!

Koleksi jurnal nasional terakreditasi sendiri sudah mencapai ribuan jurnal dari dengan publikasi berkala. Sehingga para pengguna SINTA bisa menemukan lebih banyak referensi dari jurnal nasional terakreditasi.

Jurnal Internasional Bereputasi

SINTA ternyata mendapatkan sumber data jurnal internasional dari dua database bereputasi, yakni WoS dan juga Scopus. Sehingga saat menerapkan cara mencari jurnal di SINTA bisa menemukan jurnal bereputasi.

Pada awal tahun 2022, jumlah data jurnal internasional bereputasi yang berhasil terindeks di dalam SINTA mencapai 36.000 publikasi. Jumlah ini tentunya akan terus bertambah sebab kegiatan penelitian terus dilakukan oleh dosen dan peneliti di dunia.

Cara Mencari Jurnal di SINTA

Jurnal-jurnal yang masuk ke database SINTA memang jurnal terakreditasi dan bereputasi. Hanya saja perlu diketahui jika SINTA memiliki sistem penilaian yang menghasilkan 6 tingkatan jurnal. Tingkatan ini menunjukan kualitas masing-masing jurnal.

Maka ketika mencari jurnal di SINTA versi 3.0, perlu memastikan memilih jurnal dari tingkatan tinggi. Dianjurkan memilih antara SINTA 1, SINTA 2, dan SINTA 3. Adapun cara mencari jurnal di SINTA adalah sebagai berikut:

1. Buka Laman SINTA

Langkah yang pertama adalah membuka laman SINTA melalui browser perangkat. Akses ke laman SINTA melalui browser pada komputer maupun smartphone.

 2. Pilih Menu Sources

Langkah yang kedua adalah memilih menu “Sources” di halaman utama, dan kemudian pilih “Journal”.

Baca Juga:UMK Jabar Resmi NAIK! Ini Daftar UMK Ciayumajakuning 2023WAHHH! Coba Lihat! UMK Jawa Barat 2023 Ternyata Naik Pesat

Setelah di klik maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

3. Filter Pencarian untuk Menyaring Jurnal

0 Komentar