GAMPANG BANGET! 4 langkah cara mencari jurnal di sinta dan cara downloadnya

cara mencari jurnal di sinta
cara mencari jurnal di sinta.radarcirebon.id-IST
0 Komentar

Langkah berikutnya adalah melakukan filter pencarian, dengan klik tombol “Filter”. Kemudian pilih kategori penyaringan, bisa berdasarkan tingkatan jurnal, sumber database, maupun kategori (bidang keilmuan).

Setelah di klik maka akan muncul beberapa pilihan penyaringan, silahkan disesuaikan kebutuhan. Lalu klik tombol “Filter Jurnal”.

Melalui fitur Filter ini maka proses atau tata cara mencari jurnal di SINTA menjadi lebih mudah. Khususnya jika ingin mencari jurnal dari tingkatan SINTA 1 atau tingkatan lainnya. Sekaligus kategori jurnal berdasarkan bidang keilmuan tertentu, sehingga pencarian lebih efisien.

Baca Juga:GAMPANG! 3 step cara membuat presentasi dengan master presentasi klikUHUYYYYY! Sudah Naik UMK Kabupaten Indramayu 2023, Yuk Simak!

4. Buka Website Jurnal dan Unduh File

Langkah yang terakhir adalah membuka website jurnal yang dirasa sesuai kebutuhan dari hasil penelusuran di SINTA. Caranya klik tombol “Website” yang terletak di bawah judul atau nama jurnal yang diinginkan.

Selanjutnya akan terhubung ke website dimana jurnal tersebut bisa diakses, sehingga bisa menunggu tampilan seluruh situs terbuka. Baru kemudian scroll ke bawah untuk mencari tombol unduh jika file jurnal ingin diunduh.

Mengenai tampilan halaman jurnal, maka antara jurnal satu dengan yang lainnya akan berbeda. Tidak perlu bingung, silahkan fokus mencari tombol keterangan PDF untuk proses unduh file artikel yang dibutuhkan, lalu tunggu proses unduh selesai.

Kenapa Jurnal SINTA Penting

Dosen dan peneliti di Indonesia diharapkan memiliki akun di SINTA untuk memaksimalkan fungsi dan manfaat dari laman tersebut. Sebab, SINTA sendiri diketahui tak hanya menjadi sumber referensi jurnal ilmiah online saja.

Akan tetapi juga menjadi media bagi dosen dan pihak-pihak terkait untuk menelusuri riwayat publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal. Baik jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional bereputasi.

Ketika dosen muda hendak mengikuti sertifikasi dosen misalnya, asesor akan melihat riwayat publikasi melalui akun SINTA dosen tersebut. Publikasi ilmiah yang terakreditasi dan bereputasi dijamin masuk ke database SINTA sehingga memudahkan pengecekan.

Tak hanya itu, SINTA juga bisa menjadi media bagi dosen untuk menemukan motivasi tetap produktif meneliti dan menulis kemudian melakukan publikasi. Sebab, dosen bisa rutin mengecek apakah jurnal pilihannya sudah terindeks di SINTA atau belum.

0 Komentar