Wajib Tahu! Uniknya Sejarah Bedak Ada Sebelum Abad 15

sejarah bedak
Bedak sudah ada sejak kapan? Uniknya sejarah bedak, telusuri sejarah dan perkembangannya di sini! Foto: IST-radarcirebon.id.
0 Komentar

RADARCIREBON.ID- Bedak sudah ada sejak beberapa abad yang lalu. Ada yang menyebutnya pupur ini adalah alat yang sangat penting bagi kaum hawa. Bagaimanakah sejarah bedak ini, ayo ikuti terus artikel ini sampai habis!

Sejarah bedak menurut historia, sudah dikenal masyarakat di beberapa daerah sebelum abad 15. Tetapi penggunaannya bukan sebagai alat kecantikan saat itu.

Bedak jaman dahulu digunakan sebagai sarana penting untuk pengobatan, khususnya pengobatan kulit.

Baca Juga:BERGARANSI! Skincare Bioaqua dari Korea Selatan 10 Kali Lebih Cepat Glowing. Ayo Cek Di Sini!WAJIB TAHU! 5 Manfaat Daun Pletekan Salah Satunya Bisa Mengobati Diabetes

Lain halnya yang digunakan oleh orang-orang Timur Tengah. Bedak yang ditaburkan ke badan ini oleh mereka dijadikan alat spiritual, dengan maksud untuk menghindari diri dari roh roh halus.

Bahan yang dibuat untuk menjadikan bedak setiap daerah juga berbeda-beda.

Bahannya dari yang paling ekstrim hingga alam non ekstrim. Contoh bahan ekstrim, mereka menggunakan dari kotoran hewan.

Bahan dasarnya pada saat itu menggunakan kotoran buaya yang dikeringkan dan dibuat bubuk. Sedangkan yang non ekstrim bahannya yang diambil dari tanah liat.

Seiring dengan perubahan jaman, fungsinya mulai bergeser sebagai alat kecantikan.

Bedak mulai berubah penggunaannya sejak dipakai oleh ratu Cleopatra. Karena ratu satu ini memang dikenal sebagai ratu yang gemar merawat dan merias diri.

Pada jaman itu bahan yang dipakai dari alam seperti campuran kapur dan tanah liat, bahkan diberi campuran sedikit timah putih. Bahan-bahan tersebut dibuat bubuk menjadi bedak.

Hal ini pun dilakukan oleh dunia timur maupun barat kuno, menggunakan sedikit timah putih sebagai campurannya.

Beda halnya dengan orang-orang Mesopotamia mereka menggunakan bunga ochre kuning sebagai bahan utamanya.

Baca Juga:Bingung Pilih Outfit Trend Ramadhan 2023? Cek di Sini!Yang Belum Tahu Wajib Cek! Berikut Ini Keistimewaan Umroh Ramadhan

Kemudian mereka mengembangkannya dengan modifikasi mencampurkan bahan tersebut dengan ochre merah atau daun henna. Lebih maju dari bangsa Mesir pada jaman itu.

0 Komentar