Kontraktor KCJB melakukan pengujian Hot Sliding Test ini sebagai tahapan sebelum dilakukan commisioning test internal dan Kementerian Perhubungan.
“Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari tahapan pengetesan KCJB yang selama ini terus dilakukan sekaligus merupakan tindak lanjut dari pengaliran listrik yang pertama kali dilakukan pada Kamis malam ke seluruh jaringan OCS KCJB,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (20/5/2023).
Spesifikasi gerbong dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung nanti atau CR400AF memiliki lebar 3,36 m dan tinggi 4,05 m dengan panjang kepala kereta 27,2 m dan intermediate kereta 25 m.Â
Baca Juga:RETRO DAN MODERN, Mobil Listrik Wuling Bingo 2023 Resmi Meluncur, Harga Cuma 100 JutaanDILUAR AKAL SEHAT! Uang Kuno Seri Wayang Diburu Kolektor, Harganya Setara Rumah Mewah
Setiap rangkaian CR400AF dilengkapi dua Lightning Arrester untuk meningkatkan keamanan terhadap sambaran petir terutama di sisi peralatan tegangan tinggi.
Selain mampu beroperasi di iklim tropis dan cuaca ekstrem, CR400AF juga dipastikan mampu menghadapi kondisi geografis lintasan Jakarta – Bandung yang cenderung menanjak.Â
CR400AF dilengkapi dengan dua emergency brake. Pertama, Emergency Brake EB yang bekerja berdasarkan perintah driver controller. Fasilitas emergency brake penumpang dan kontrol kewaspadaan masinis.Â
Kedua, disebut Emergency Brake UB yang akan aktif berdasarkan fungsi Automatic Train Protection (ATP), pendeteksi jarak antar kereta dan pada saat power kereta dalam kondisi off / tidak bekerja.Â