Woowww 7 Cara Merawat Ikan Channa agar Tetap Sehat untuk Para Pemula

Ikan Channa
7 Cara Merawat Ikan Channa
0 Komentar

3. Memantau temperatur air

Salah satu cara memelihara ikan channa adalah memantau suhu airnya.

Air harus lembut, asam, dan rendah nutrisi. Ikan ini menyukai air pada suhu 27-28 derajat Celcius dengan tingkat pH antara 6-7,5.

Ikan channa membutuhkan oksigen dalam jumlah besar sehingga aerasi yang kuat atau filter yang efisien diperlukan untuk mempertahankan kadar oksigen terlarut di atas 5 parts per million (ppm).

Baca Juga:Woowwww 8 Jenis Ikan Channa yang Cocok dan Populer Dipelihara di Akuarium2 Manfaat Baby Oil untuk Wajah Bisa Bikin Kulit Anda Menjadi Auto Glowing

4. Memberikan pakan berkualitas

Berikan makanan ikan channa yang berkualitas. Kamu dapat memberikan hewan hidup berupa cacing tanah, jangkrik, dan udang air asin.

Namun, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu, misalnya melepaskan cangkang kepala udang, menghilangkan kaki jangkrik, atau mencuci cacing tanah.

Kamu bisa menebarkannya di atas permukaan air atau memberikannya langsung dengan alat pencapit. Cara ini bergantung pada jenis dan ukuran ikan snakehead yang dipelihara.

Selain itu, berikan serpihan makanan ikan channa atau pelet ikan lainnya yang dapat dikonsumsi untuk malam hari.

5. Menguras air secara teratur

Cara merawat channa selanjutnya adalah menguras air secara teratur. Ikan channa membutuhkan banyak makanan sehingga akan menghasilkan banyak kotoran. Alhasil, air perlu dikuras secara teratur.

Walaupun ikan snakehead dapat bertahan dalam kondisi air yang buruk, sebaiknya ganti 50 persen air aquarium dalam waktu seminggu sekali. Dengan begitu, kebersihan air tetap terjaga dari limbah yang kotor.

6. Memperhatikan kesehatan ikan

Ikan channa rentan terhadap infeksi parasit dan bakteri, misalnya Amyloodinium ocellatum, yang ditularkan melalui tanaman atau ikan yang terinfeksi.

Baca Juga:Woww Uniknya Motor Honda Langka S90, Buruan Para KolektorWajib Tahu 8 Rekomendasi Toner Wardah Terbaik 2023 Untuk Semua Jenis Kulit

Infeksi ini dapat menyebabkan kepala ikan channa terus-menerus bergetar, berenang terbalik, dan tampak lesu. Jika hal tersebut terjadi, segera hubungi dokter hewan agar ikan peliharaan Anda mendapat penanganan yang tepat.

7. Memfasilitasi ikan untuk berkembang biak

Ikan gabus hias bukanlah spesies ikan yang sulit untuk berkembang biak. Ikan ini dapat dengan mudah bertelur jika kondisi aquarium memadai. Namun, terkadang sulit untuk mengetahui jenis kelaminnya.

Cara terbaik adalah memelihara sekelompok ikan channa dalam aquarium yang besar, kemudian membiarkan mereka berpasangan sendiri secara alami.

0 Komentar