Mengenal Jenis Beras Yang kalian Belum Tahu !!

JENIS BERAS YANG BELUM KAMU TAHU LIHAT YUKK !!
JENIS BERAS YANG BELUM KAMU TAHU LIHAT YUKK !!
0 Komentar

2 . Beras IR64

Jenis beras ini berbulir panjang tapi aromanya nggak seperti pandan wangi. Teksturnya pulen, gurih, dan nggak lengket ketika dimasak. Tapi, kalau sudah berumur lebih dari 3 bulan, rasanya berubah jadi sedikit pera dan mudah basi.

Meski beras ini cocok di padukan dengan sayur mayur dan lauk pauk khas Indonesia, banyak pabrik atau pun pedagang yang menambahkan zat kimia pemutih, pelicin, atau pewangi pada beras jenis ini. Berhati-hatilah kalau kamu nemu beras yang lonjong tapi aromanya wangi.

3 .  Beras Hitam

beras hitam di mana sesuai dengan namanya jika setiap bulir dari beras ini mempunyai warna yang hitam pekat dan biasanya akan berubah menjadi ungu ketika dimasak.  Apalagi beras hitam mempunyai aktivitas antioksidan tertinggi dibandingkan dengan semua jenis beras yang ada dan membuatnya menjadi pilihan sebagai brush yang mempunyai gizi terbaik.

Baca Juga:9 Makanan Khas Jawa Paling Enak Di Cicipi !!Tempat Wisata di Subang Yang PowerFull Keindahanya !!

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa antioksidan merupakan senyawa yang dapat melindungi sel dalam tubuh dari kerusakan yang ditimbulkan oleh adanya kelebihan molekul dari radikal bebas. Keadaan tersebut dapat menimbulkan stres oksidatif dan membuat munculnya berbagai jenis penyakit kronis.

4 .  Beras Rojolele

Beras rojolele punya ciri fisik yang cenderung bulat dengan sedikit warna putih susu, teksturnya pun pulen setelah di masak. Beras ini lumayan diunggulkan dan menjadi pilihan bagi orang yang kurang menyukai sensasi wangi di dalam nasi. Kalau sebutan rojolele biasa di terapkan di Jawa Tengah atau Jawa Timur, untuk daerah Jawa Barat dan beberapa daerah lain beras ini biasanya disebut beras muncul.

Beras melati memiliki karakteristik berupa bulir yang panjang, di mana ukuran panjangnya bisa 4 kali dari lebarnya. Perlu diketahui, warna beras melati yang berbeda juga menjadi penanda perbedaan nutrisi yang terkandung dalam beras tersebut. Seperti beras melati yang berwarna hitam, di mana kandungan protein, serat, dan zat besinya lebih tinggi dibanding varietas lainnya.

0 Komentar