Tokoh Wayang Kulit Dan Sifat Yang Jadi Lakonnya !!

JENIS WAYANG KULIT DAN BERBAGAI SIFAT LAKON DI BAWAKAN
JENIS WAYANG KULIT DAN BERBAGAI SIFAT LAKON DI BAWAKAN
0 Komentar

1 .  Batara Wisnu

Sang hyang wisnu adalah seorang dewa yang pernah menjelma menjadi raja di muka bumi sebagai manusia biasa yang bertahta di purwacarita dan memiliki gelar sri maharaja budakresana. Ketika dewa ini lahir, bumi terasa bergetar, sampai sampai betara guru pun jatuh terpelanting. Beranjak dewasa, bathara wisnu memiliki 3 istri yaitu dewi setyabama, putri hyang pancaresi, dan hyang wisnu bisa tiwikrama, menjadi raksasa yang sangat besar dan memiiki senjata cakra yang sangat sakti.

Sang hyang wisnu di gambarkan sebagai seorang yang bermata jaitan, bermuka agak dongkak, berhidung mancung, bergaruda membelakang dan bersunting waderan. Bathara wisnu memiliki sifat yang tegas, ikhlas, pemaaf, tanpa pamrih dan dapat memberi semua kehidupan kepada mahluknya.

2.  Batara Guru

Batara Guru merupakan Dewa yang merajai kahyangan. Beliau merupakan perwujudan dari dewa Siwa yang mengatur wahyu, hadiah, dan berbagai ilmu kepada para tokoh wayang lainnya. Batara Guru mempunyai sakti (istri) Dewi Uma, dan mempunyai beberapa anak. Betara Guru merupakan satu-satunya wayang kulit yang digambarkan dalam posisi menghadap ke depan, ke arah manusia. Hal ini dapat diteliti dari posisi kakinya. Hanya saja karena mempunyai wujud wayang, maka beliau menghadap ke samping. Wahana (hewan kendaraan) Batara Guru adalah sang lembu Nandini. Sifat dari batara guru adalah pemaaf dan baik hati.

Baca Juga:Mengenal Jenis Beras Yang kalian Belum Tahu !!9 Makanan Khas Jawa Paling Enak Di Cicipi !!

3 . Batara surya

Batara surya merupakan putra dari semar (Batara Ismaya) yang bertempat tinggal di Kahyangan Ekacakra bersama kedua istrinya yang seorang bidadari kakak beradik dengan nama Dewi Ngruna dan Dewi Ngnini. Batara surya juga dewa yang menguasai gerak matahari, makanya sering diebut juga sebagai Dewa Matahari.

Penyebab lahirnya batar surya dalam lakonnya adalah salah satu dewa yang menurunkan raden syaputra dengan ibunya yaitu sang dewi kunti. Bathara surya juga memiliki anda yang bernama Prabu Karna atau sering di panggil Raden Surya Putra dari perkawinannya dengan dewi kunti saat dia turun ke Bumi. Pada dasarnya Dewi Kunti memiliki 6 anak, namun tidak mengikuti sang ibu karena ikut berpartisipasi membela Kurawa dalam perang Bharatayuda. Bathara surya juga memiliki kereta yang di tarik oleh 7 kuda, dengan pengemudinya bernama Aruna. Bathara Surya memiliki watak welas asih, tenang dan tidak suka marah.

0 Komentar