Apakah Boleh Menggunakan Minyak Zaitun sebagai Bahan Makanan? Berikut 5 Manfaat Jika Anda Mengonsumsinya

Minyak zaitun sebagai bahan makanan
Buah zaitun. Foto: Instagram/@oliveoiltimes - radarcirebon.id
0 Komentar

Telah dikemukakan bahwa minyak zaitun, terutama fenoliknya, mungkin bertanggung jawab atas efek positif dari diet Mediterania pada kesehatan otak.

Ada data yang menunjukkan bahwa mengikuti diet ini dikaitkan dengan penurunan risiko demensia.

3. Mengurangi Risiko Degenerasi Makula

Degenerasi makula menyebabkan kerusakan pada bagian retina yang disebut makula.

Kondisi ini dapat menyebabkan penglihatan seseorang menjadi kabur atau terdistorsi.

Dalam beberapa kasus, pasien dengan degenerasi makula mungkin mengalami bintik-bintik.

Baca Juga:3 Rekomendasi Tempat Makan dengan Rating Bintang Lima di Cirebon; Cocok Dikunjungi Saat Weekend Bareng KeluargaCara Memutihkan Wajah dengan Kopi Hitam; Gunakanlah Masker Kopi Hitam Sebelum Tidur Agar Wajah Anda Glowing Seharian! Begini Caranya

Data menunjukkan bahwa diet tinggi makanan kaya asam lemak omega-3, seperti minyak zaitun, melindungi degenerasi makula lebih baik daripada diet Barat. Beberapa pola makan tinggi ω-3 FA (kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan), seperti pola makan Mediterania, tampak lebih protektif terhadap perkembangan AMD dibandingkan dengan pola makan orang Indonesia yang tinggi lemak dan karbohidrat.

Dan satu penelitian menunjukkan bahwa penggunaan minyak zaitun secara teratur dikaitkan dengan efek perlindungan terhadap degenerasi makula lanjut pada populasi yang menua.

4. Mengurangi Resiko Diabetes

Konsumsi minyak zaitun dikaitkan dengan kadar gula darah positif. Dan data menunjukkan bahwa diet Mediterania yang tinggi minyak zaitun menurunkan risiko diabetes tipe 2.

5. Mengurangi Aktivitas Jahat Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun dan peradangan yang menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan di bagian tubuh tertentu.

Ada beberapa bukti bahwa menelan minyak zaitun pada penderita rheumatoid arthritis dapat mengurangi peradangan dan dengan demikian mengurangi rasa sakit.

Bagaimana? Apakah Anda masih ragu mengonsumsi minyak zaitun sebagai bahan makanan atau minuman?.

Minyak zaitun terbukti aman untuk dikonsumsi selagi penggunaannya tidak berlebihan. Sekian dan semoga bermanfaat.***

0 Komentar