Tips Menyimpan Cokelat Batangan Agar Tidak Meleleh Dan Tahan Lama

CARA MENYIMPAN COKLAT AGAR TIDAK CEPAT MELELEH
CARA MENYIMPAN COKLAT AGAR TIDAK CEPAT MELELEH
0 Komentar

RADARCIREBON.ID – Berbagai resep kue dan dessert, cokelat yang di butuhkan umumnya harus dalam kondisi cair. Tujuannya supaya cokelat lebih mudah tercampur dengan bahan-bahan lain saat di masak.

Cair yang salah berujung pada penurunan kualitasnya. Bisnis kuliner harus memperhatikan cara penyimpanan cokelat cair dengan teliti. Kualitas cokelat cair yang buruk akan berpengaruh pada hidangan yang di sajikan kepada pelanggan.

Kekhawatiran yang dimiliki oleh bisnis saat mengolah cokelat cair adalah jumlahnya terlalu banyak saat digunakan. Cokelat cair yang tersisa jangan buru-buru dibuang, karena bisa disimpan atau di gunakan kembali.

Cara Menyimpan Cokelat Batangan yang Tepat

Baca Juga:Cara Buat Bika Ambon Mini Yang Enak Dan Lembut Saat Di MakanCara Bikin Jus Semangka Dengan Campuran Susu Yang Segar Dan Enak !!

bisnis kuliner tidak hanya mempertanggungjawabkan kuantitas atau jumlah stok cokelat cair dan bahan lainnya. Kualitas stok cokelat cair harus tetap diutamakan demi menjaga cita rasa dan tekstur yang bagus. Sangat disayangkan jika kualitas cokelatnya memburuk hanya karena salah penyimpanan, padahal masa kedaluwarsanya masih lama.

Prosedur penyimpanan cokelat cair membutuhkan perhatian khusus dibandingkan jenis cokelat lainnya. Suhu ruang untuk menyimpan cokelat cair berpengaruh besar terhadap proses pembekuan cokelatnya. Jika suhunya terlalu rendah, cokelat cair akan membeku. Akibatnya, butuh waktu yang lebih lama untuk menghangatkan cokelat cair saat ingin di gunakan kembali.

beberapa cara untuk menyimpan cokelat agar tidak meleleh dan tahan lama, di antaranya :

1. Simpan dalam Wadah Tertutup

Perhatikan wadah yang digunakan untuk menyimpan cokelat cair, baik jenis selai maupun ganache cokelat. Wadah yang di gunakan harus kedap udara, jadi Anda harus menutup wadah selai dengan rapat agar tidak ada udara yang masuk.

Wadah kedap udara juga menjaga agar bahan lemak di dalamnya tidak menyerap rasa kakao, di samping menghindari proses kondensasi dalam cokelatnya. Selain itu, cokelat akan terjaga dari kontaminasi udara dan zat lainnya yang bisa merusak cokelatnya.

0 Komentar