Begini Manfaat Ampas Kopi untuk Pupuk Murah Tanaman Hias yang belum orang tahu

MANFAAT AMPAS KOPI UNTUK TANAMAN HIAS YANG KAYA MANFAAT
MANFAAT AMPAS KOPI UNTUK TANAMAN HIAS YANG KAYA MANFAAT
0 Komentar

3 . Untuk Sebagai Kompos

bubuk kopi mengandung sekitar 1,45% nitrogen. Juga, tinggi akan magnesium, kalsium, kalium, serta mineral lainnya, sehingga bagus untuk menyuburkan tanaman hias di rumah. bisa jadikan ampas kopi sebagai bahan kompos cokelat alami. Untuk menyuburkan tanaman, buat kompos dengan rasio 4:1 bahan kompos cokelat dengan bahan kompos hijau (sisa makanan dan potongan rumput).

4 .  Menjauhkan Hama

Ampas kopi juga sangat bagus untuk menghalangi hama tanaman. Terutama, siput yang sangat dikenal dengan hama tanaman berbahaya. Untuk menggunakannya, cukup taburkan bubuk kopi ke tanah sekitar tanaman.

Bubuk kopi sendiri bersifat abrasif dan menjadi penghalang hama yang sangat efektif. Alhasil, hama termasuk siput pun akan pergi menjauh dari tanaman tersebut. Juga, tanaman hias di rumah akhirnya bisa tumbuh dengan subur.

5 .  Penambah kandungan nitrogen

Baca Juga:Inilah Beberapa Produk Racun Tikus Yang Ampuh Untuk Membasmi Tikus Di Dalam RumahTak Perlu Perangkap Tikus Inilah Cara Mengusir Tikus Dengan Kayu Manis Yang Ramah Lingkungan

nitrogen tinggi pada ampas kopi dapat merangsang merangsang pertumbuhan tanaman, mulai dari akar, batang, sampai daun. Pemberian ampas kopi sebagai sumber nitrogen organik pada tanah membantu pertumbuhan tanaman hias tumbuh dan mempercepat berbunga.

6 . Pengusir hewan hama

tanaman hias juga rentan terhadap hewan hama yang dapat menghambat proses pertumbuhan. Di antaranya adalah bekicot, siput telanjang, dan ulat yang kerap memakan daun tanaman.

Kafein pada ampas kopi menjadi zat yang beracun bagi siput, sehingga membuat siput enggan bermukim di tanaman hias dan mencegahnya beranak-pinak. Aroma dari ampas kopi yang menyengat juga tak disukai kupu-kupu, sehingga bisa mencegah munculnya ulat daun. Taburan ampas kopi di sekitar tanaman hias secukupnya seperti daun dan batang membuat hama ini hengkang dengan sendirinya.

7 .  Pelindung tanaman atau mulsa

Ampas kopi berfungsi sebagai pelindung tanaman dari bahaya yang mengintai lainnya, seperti erosi, penahan kadar air berlebih, menjaga kelembapan suhu tanah, sampai mencegah penyakit pada tanaman. Zat pelindung atau mulsa ini muncul saat ampas kopi mulai membusuk di dalam tanah yang dapat menghasilkan nitrogen.

0 Komentar