Perawatan Kecantikan Putri Keraton Cirebon dengan Menggunakan Prodak Kosmetik Air Mawar dan Boreh Beserta Definisi Boreh Beserta Manfaat Perawatan Kulit Menggunakan Boreh Menurut Dr. Sepriani Timurtini Limbong

Boreh
Perawatan Kecantikan Putri Keraton Cirebon
0 Komentar

“Barisan ketiga, berupa air mawar, pasatan, dan kembang goyang sebagai perlambang air ketuban dan usus atau ari-ari bayi,” kata Abdi Dalem Keraton Kasepuhan Cirebon.

Tidak hanya itu, sekarang ini juga sedang berlangsung pembuatan boreh untuk menjaga kesehatan ibu yang habis melahirkan.

Boreh ini, juga masuk dalam salah satu ritual Maulid Nabi Muhammad SAW. Sebab, tradisi dari Panjang Jimat tersebut memang menggambarkan proses kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga:Yuk Intip 4 Rekomendasi Primer Lokal yang Wajib Kamu Coba!Wajib Tahu 5 Trik Makeup Agar Lipstik Anda Awet Seharian, Tanpa Perlu Capek Retouch Kembali

Proses pembuatan boreh sudah dimulai sejak Bulan Safar. Biasanya pada tanggal 5 Mulud sudah jadi.

Bahan terbuat dari kayu cendana, kayu gaharu, kayu lemo, kayu tilem, adas, anyang, kayu manis, cengkeh, pala, kapol.

“Cendana dan gaharu dibuat bubuk, sementara kayu lain dicacah beserta rempah-rempah lainnya ditumbuk. Diayak dengan ayakan halus,” katanya.

Saat prosesi Abdi Dalem yang membuat senantiasa membacakan doa-doa, agar pembuatan lulur tersebut membawa barokah, karomah dan hidayah.

“Kita minta wasilah Kanjeng Sunan Gunung Jati, Pangeran Cakrabuana. Setelah jadi, nantinya boreh ini dibagikan kepada masyarakat. Tradisi ini, menjadi bagian dari simbolis kelahiran Nabi Muhammad SAW,” tuturnya.

Tradisi ini sudah dijalankan sejak para leluhur sultan di Kesultanan Cirebon dan masih dipertahankan hingga saat ini.

Abdi Dalem, Satu mengatakan, tradisi dari leluhur perlu untuk dilestarikan sebagai bentuk meneladani hal-hal yang baik.

Baca Juga:Ini Dia 5 Daun Penghilang Flek Hitam yang Bikin Wajah Anda Semakin Glowing Secara Alami, yang Wajib Anda Coba dan KetahuiSudah Pasti Terbukti Aman! Anda harus Mengenal Produk Kelly Compact Powder yang Harganya Cuma Rp10 Ribuan Saja

Misalnya Panjang Jimat dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang merupakan bagian dari Syiar Islam.

Kemudian mengajak masyarakat kembali mendalami dan mengetahui proses kelahiran Nabi Muhammad SAW lewat beragam prosesi dan simbolisasi.

1.Definisi Boreh

Boreh merupakan ramuan dari Bali yang digunakan menjadi lulur untuk perawatan kulit

2. Manfaat Perawatan Kulit Menggunakan Boreh Menurut Dr. Sepriani Timurtini Limbong

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, boreh memiliki manfaat yang sama seperti lulur lainnya.

“Boreh bisa saja membantu eksfoliasi saat digunakan untuk perawatan kulit. Jadi, sel kulit mati akan terangkat dan hasilnya kulit pun menjadi lebih halus,” jelas dr. Sepriani.

Lantas, bagaimana dengan keamanan boreh untuk kesehatan? Terkait hal ini, dr. Sepriani mengatakan bahwa yang digunakan dalam boreh bukanlah rempah-rempahnya secara langsung, melainkan hanya ekstraknya.

0 Komentar