Uang 50 Juta Bisa Bikin Rumah Seperti Apa? Ini Penjelasannya

Rumah
Contoh rumah minimalis yang dibangun dengan modal hanya 50 juta. Foto: IST - radadcirebon.id
0 Komentar

Di atas lahan tersebut, Anda kira-kira bisa membangun rumah tipe 21 sampai tipe 36. Anda bisa menggunakan konsep minimalis agar rumah di lahan terbatas tersebut tidak terasa sesak.

Pondasi

Tak perlu memakai material atau merek ternama dalam membangun rumah 50 juta. Saat ini sudah banyak material rumah harga terjangkau dengan kualitas tinggi. Termasuk untuk pondasi. Namun pondasi adalah hal utama dalam membangun rumah jadi pastikan kekuatan dan daya tahannya.

Tidak perlu pakai batu kali, cukup pondasi batu bata saja. Atau jika kondisi tanahnya bagus bisa langsung dipasang sloof beton bertulang, karena ini hanyalah rumah 1 lantai dengan atap baja ringan yang bebannya tidaklah berat.

Dinding

Baca Juga:Pelajari Keindahan Tanaman Hias Tanduk Rusa dan Cara Menanamnya di Rumah!5 Jenis Tanaman Hias Indoor Paling Populer

Dinding luar terdiri dari susunan batu bata yang dilapisi aci atau material plester. Supaya aman tidak mudah dijebol, sedangkan sisi dalam cukup memakai penyekat ruangan rangka kayu atau baja ringan, biayanya lebih murah serta tidak perlu diplester dan diaci.

Atap

Menghemat biaya dapat dilakukan dengan memakai material atap dengan baja ringan dibandingkan kayu. Baja ringan lebih murah dan awet dibanding kayu. Penutup atapnya bisa pakai galvalum tapi perlu diberi peredam agar tidak berisik saat hujan. Atau bisa juga memakai asbes maupun atap multiroof.

Lantai

Alternatif keramik untuk alas lantai adalah dengan memakai karpet untuk sementara. Biaya keramik lebih mahal, jadi Anda harus memikirkan pengganti keramik untuk lantai.

Plafond

Untuk atap rumah bisa dengan memasang plafon atau gypsum rangka besi hollow.

Membangun rumah senilai 50 juta membutuhkan perencanaan yang matang.

Pertama-tama, Anda bisa membuat sketsa atau gambar rumah terlebih dahulu. Dengan membuat sketsa, Anda akan dapat memperkirakan biaya pembangunan yang akan dikeluarkan.

Ada juga banyak kecerdikan dan kreativitas lain yang perlu Anda pikirkan. Misalnya saja menggunakan material konstruksi yang kualitasnya standar dibandingkan material yang mahal.

0 Komentar