Tips Cara Menyimpan Buah Agar Tidak Cepat Busuk

Cara Menyimpan Buah Agar Tidak Cepat Busuk
Cara Menyimpan Buah Agar Tidak Cepat Busuk
0 Komentar

Setiap buah memiliki daya tahan yang berbeda-beda saat disimpan di kulkas. Untuk buah seperti apel, buah ini bisa bertahan hingga 6 bulan di dalam kulkas dengan suhu 0-4 derajat celcius, sedangkan anggur hanya sekitar 6 minggu. Berbeda lagi dengan buah-buah dalam keadaan telah dikupas atau dipotong disarankan untuk tidak disimpan di kulkas lebih dari 2-3 hari.

  •     Memberi Jarak Antar Buah

Ketika menyimpan buah, berilah jarak agar gas buah yaitu etilen tidak mempengaruhi tingkat kematangan buah lain. Gas etilen yang berasal dari buah adalah gas yang membantu proses pematangan buah. Kalau berbagai macam buah dikumpulkan jadi satu, maka gas etilennya berkumpul dan justru mempercepat pembusukan buah. Jadi pisahkan buah sesuai jenisnya dan letakkan dengan jarak tertentu.

  •     Pastikan kebersihan kulkas

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas buah adalah kontaminasi bakteri. Selain menerapkan beberapa cara menyimpan buah yang telah dijelaskan diatas, menjaga kebersihan kulkas juga penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontaminasi bakteri saat menyimpan buah.

0 Komentar