Wajib Tahu Bagi Para Pengguna Kamera Kegunaan Flash Eksternal

KAMERA
Kegunaan Flash Eksternal Foto : Ist
0 Komentar

1. Guide Number (GN) Pada Flash Eksternal Atau Lampu Kilat

GN atau Guide Number adalah skala angka yang menunjukan power atau kemampuan flash tersebut, untuk menghasilkan cahaya dalam intensitas tertentu.

Semakin besar nilai GN flash berarti kemampuannya untuk memproduksi cahaya dalam intensitas yang besar semakin baik.

Perbedaan utama antara flash eksternal dan internal adalah fleksibilitas dan GN yang tadi. Untuk flash internal atau flash built in, kita takkan bisa mengarahkannya ke tempat lain selain ke depan kamera.

Baca Juga:Wowww 5 Rumah Sakit Terangker Di DuniaIni Dia 5 Sekolah Paling Angker di Dunia yang Punya Kisah Menyeramkan

2. Tilting Dan Swivel

Dengan flash eksternal kita mengenal fitur yang dinamakan tilting dan swivel atau mengarahkan moncong flash ke atas atau ke samping kiri dan kanan.

Untuk masalah GN, kekuatan flash internal kamera sangat terbatas hanya berkisar di GN 12-14 sedangkan untuk flash eksternal yang canggih bisa mencapai nilai GN 50-60an.

GN ini akan sangat terasa ketika anda memotret grup dengan jarak yang cukup jauh, dalam kondisi ini flash internal sangat terbatas kemampuannya, jika anda tak menaikkan ISO kemungkinan foto tersebut akan gelap.

Berbeda dengan flash eksternal, dengan kemampuannya yang lebih besar, semua orang dalam grup dan jarak yang cukup jauh, bisa terpapar cahaya dari flash dengan lebih baik dan juga merata.

Manfaat lainnya dari flash eksternal adalah kita bisa mengarahkan cahaya ke arah lain, sehingga cahayanya tak mengenai objek foto secara langsung.

Cahaya yang mengenai objek secara langsung akan menimbulkan bayangan yang keras sehingga secara keseluruhan tidak menarik dan terlihat datar.

Dengan menggunakan flash eksternal seperti dibahas tadi, dengan fitur tilting dan swivel kita bisa memantulkan cahaya flash ke atas ataupun ke samping, dengan begitu cahaya yang mengenai objek tidak terlalu keras, dan menjadi lebih natural terlihat.

Baca Juga:5 Rumah Sakit Paling Angker di Dunia Salah Satunya Ada di BandungWowwww 5 Rumah Terangker di Dunia, Salah Satunya Ada dari Indonesia!

3. Pengaturan Pada Lampu Kilat Eksternal

Ada beragam pengaturan yang umumnya akan kita jumpai pada saat membeli sebuah flash eksternal. Mari kita lihat bersama.

Biasanya yang pertama adalah soal kekuatan output flash tersebut, hal ini disimbolkan dengan angka. Biasanya mulai dari 1/128, 1/64. 1/32, 1/16, 1/8, 1/4, 1/2 dan full.

0 Komentar