SMP Cirebon Islamic School Full Day & Boarding Manfaatkan AI dalam Pembelajaran

SMP CIS Full Day & Boarding Manfaatkan AI dalam Pembelajaran
SMP CIS Full Day & Boarding Manfaatkan AI dalam Pembelajaran
0 Komentar

Salah satu pemanfaatan AI dalam dunia Pendidikan adalah penggunaan salah satu model AI yaitu AI Art Generator dan AI Voice. AI Art Generator dapat membantu pendidik menghasilkan bahan ajar yang menarik dan kekinian pada semua displin ilmu.

Model AI tersebut dapat menghasilkan gambar 3D menarik dan berkualitas komersil berdasarkan data atau narasi yang diinput pengguna sehingga gambar yang dihasilkan bisa disesuaikan dengan materi pembelajaran. Beberapa platform populer saat ini yaitu Leonardo.ai, BlueWillow dan Bing Image Generator.

Platform tersebut memiliki keunggulan yaitu bisa memproduksi gambar berupa animasi 3D dengan tema seperti animasi Disney-Pixar dengan mudah. Tak ayal, gambar 3D yang dihasilkan oleh platform tersebut bisa menjadi bahan ajar menarik yang dapat meningkatkan minat belajar siswa karena hampir dari mereka tumbuh dengan menyaksikan film yang diproduksi oleh Disney maupun Pixar.

Baca Juga:Jangan Sepelekan Gejala Vertigo, Begini Cara MengatasinyaGunakan Madu untuk Atasi Bekas Jerawat di Wajah

Sedangkan AI Voice memungkinkan penggunanya untuk membuat suara AI baru dari awal dengan banyak pilihan bahasa, atau mengkloning suara sendiri dari rekaman audio singkat untuk kemudian dibuat menjadi audio baru berdasarkan
Bahasa yang dipilih sehingga bisa sangat menghemat waktu dan tenaga. Keunggulan lainnya adalah audio yang dihasilkan terdengar sangat natural seperti penutur asli. Nama platform AI Voice yang populer saat ini ialah elevenlabs.

Gambar animasi dan audio yang dihasilkan oleh beberapa platform tersebut bisa dimodifikasi oleh guru dan dijadikan sebuah video animasi pembelajaran yang menarik khususnya untuk pembelajaran Bahasa Inggris. Seperti yang dikatakan oleh Wang dan Zhaogang dalam jurnal penelitiannya yang berjudul An Analysis on the Use of Video Materials in College English Teaching in China pada tahun 2015, ada tiga tujuan pengajaran bahasa Inggris dengan menggunaakn video pembelajaran, yang pertama adalah memfasilitasi pengembangan keterampilan bahasa pembelajar yang bukan penutur asli Bahasa Inggris.

Artinya videonya dapat memberikan banyak informasi kepada siswa khususnya yang bukan penutur asli Bahasa Inggris, menarik perhatian mereka untuk fokus pada materi dalam video, dan meningkatkan kompetensi linguistik komprehensif mereka. Yang kedua adalah membina kompetensi siswa pada komunikasi antarbudaya sehingga dapat mendukung kompetensi komunikatif peserta didik dalam bahasa Inggris.

0 Komentar