8 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam di Kulit

LUKA
8 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam di Kulit
0 Komentar

Diamkan semalaman dan bilas pada pagi hari menggunakan air hangat. Anda bisa melakukan ini setiap malam hingga bekas luka memudar.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka yang menghitam. Minyak kelapa dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen yang dapat mengurangi garis halus di kulit serta membuat warna kulit menjadi lebih merata.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ke area bekas luka yang menghitam, lalu pijatlah secara lembut selama 10 menit. Ulangi cara ini sebanyak 2–4 kali setiap hari hingga bekas luka memudar.

Baca Juga:5 Kebiasaan Kecil yang Dianggap Sepele Justru Bisa Membuatmu Terlihat Lebih Menarik di Depan Semua Orang5 Zodiak yang Punya Tabiat yang Baik Hati dan Lembut Sejak Lahir

4. Gel silikon

Selain menggunakan bahan-bahan alami, Anda juga dapat menggunakan gel silikon sebagai cara menghilangkan bekas luka yang menghitam.

Penelitian menunjukkan bahwa gel silikon dapat meratakan tekstur, warna, dan mengurangi ketebalan pada bekas luka.

Untuk menggunakannya, cukup oleskan gel silikon pada area bekas luka sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Jika bekas luka berada di area yang tertutup, tunggu hingga gel benar-benar kering sebelum Anda mengenakan pakaian.

5. Retinoid oles

Retinoid oles biasanya digunakan untuk mengatasi bekas luka jerawat. Obat ini juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka yang menghitam karena efek eksfoliasinya.

Sebelum menggunakannya, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mendapatkan dosis dan cara penggunaan retinoid yang sesuai untuk kondisi bekas luka Anda.

6. Suntik kortikosteroid

Cara menghilangkan bekas luka yang menghitam dapat dilakukan dengan cara menyuntikkan obat kortikosteroid ke area bekas luka. Selain dapat meratakan tekstur bekas luka, prosedur ini juga dapat memudarkan warna bekas luka.

Baca Juga:6 Cara Mengatasi Jerawat MeradangManfaat Mengkonsumsi Buah untuk Menjaga Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Dokter akan menyuntikkan obat kortikosteroid menggunakan jarum berukuran kecil secara berkala. Bekas luka umumnya akan memudar dalam jangka waktu beberapa bulan setelah prosedur dilakukan.

7. Microneedling

Microneedling juga dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan bekas luka yang menghitam. Prosedur ini merupakan jenis perawatan yang menggunakan jarum halus untuk membuat tusukan-tusukan kecil di kulit. Tujuannya adalah untuk merangsang produksi kolagen dan elastin yang bisa membuat tekstur bekas luka menjadi lebih halus.

0 Komentar