4 Tips Terbaik Rawatan Murai Batu Musim Hujan Burung Stabil dan Top Perform

rawatan murai batu musim hujan
merawat murai btau saat musimhujan membutuhkan perhatian yang cukup ekstra agar burung selalu sehat dan top perform/ Tangkapan Layar Youtuibe Raja Masteran
0 Komentar

3. Biasakan Karpet Selalu Bersih

Kotoran dalam sangkar terutama yang masih menempel pada karpetnya, harus senantiasa dibersihkan. 

Sebab dari kotoran tersebut dapat menimbulkan tumbuhnya jamur dan bakteri penyebab timbulnya penyakit.

Bersihkan sangkar setiap hari dan jangan sampai kotoran pada karpet menumpuk serta kandang dalam keadaan full kerodong.

Baca Juga:Paling Akurat 5 Perbedaan Burung Flamboyan Jantan dan Betina Berikut Tips PerawatannyaTahukah Anda Mengapa Banyak Tikus di Rumah Saat Musim Hujan? 6 Tips Cara Mencegahnya

Ini jelas dapat menimbulkan ketidaknyamanan burung akibat dari bau kotoran tersebut, burung jadi serak, terjangkit infeksi pernapasan, dan bulu ada kutunya.

Penyakit lainnya adalah tetelo yang diakibatkan infeksi pada saluran pernapasan. Kalau sudah terjangkit penyakit ini akan sulit untuk mengobatinya.

4. Penjemuran

Saat musim hujan memang pancaran sinar matahri menjadi berkurang, oleh karenanya pemilik sebaiknya dapat dengan cerdas membaca situasi alam.

jika matahari muncul pada pukul 10 pagi dan dirasa cukup sinarnya secepatnya burung dikeluarkan untuk dijemur.

Lamanya penjemuran disesuaikan dengan kondisi sinar matahari, jika terasa terik cukup jemur 15 hingga 20 menit tetapi jika tidak terlalu terik cukup jemur 30 hingga 1 jam agar tubuhnya senantiasa hangat tidak ngembang bulu.

Cara tersebut di atas merupakan tips yang dapat meminimalisir terjangkitnya penyakit pada burung pada saat musim hujan.

Mengablak sangkar saat musim hujan merupakan salah satu cara terbaik untuk mengganti mandi dan meletakannya diteras rumah.

Baca Juga:Tips 8 Cara Membedakan Burung Murai Jantan dan Betina Trotolan Anti Gambling8 Cara Membedakan Burung Murai Trotol Jantan dan Betina Anti Gambling Akurat 100%

Pemilik burung murai batu sebaikknya harus pintar-pintar membaca situasi dimana jika matahari muncul segera keluarkan burung untuk dijemur.

Dan jangan lupa kebersihan kandang harus selalu terjaga dengan baik, agar burung terhindar dari terjangkitnya penyaklit akibat dari jamur dan baketri.

Demikan rawatan murai batu musim hujan yang dikutip dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.

 

 

 

 

0 Komentar