Cuaca Panas Tidak menjadi Halangan Simak 5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Ibadah Haji Agar Sehat dan Lancar

tips menjaga kesehatan selama menjalakan ibadah haji
suasana di dalam tenda saat wukuf di Arafah/ foto kemenag.go.id
0 Komentar

Vitamin B bermanfaat dalam meningkatkan pembentukan energi dan sel tubuh, sehingga akan dapat menghasilkan energi untuk meningkatkan stamina.

Dapat juga mengonsumsi suplemen yang bersifat alami seperti jahe, madu asli, ginseng, dan jamu. 

3. Selalu Gunakan Alat Pelindung Diri (APD)

Perbedaan cuaca di Indonesia dengan di Arab Saudi tentunya menjadi tantangan tersendiri, hal ini akan memberi dampak terhadap tingkat kesehatan para jamaah haji.

Baca Juga:Selain Bima, ini 4 Tempat Jogging di Kota Cirebon Paling Favorit Dekat Mall dan Pusat Kuliner"Home Sweat Home" Dengan Mengenali 6 Pohon Yang Cocok Di depan Rumah Quality Time Tetap Terjaga

Penggunaan Alat Pelindung diri (APD) tentu akan dapat meminimalisir berbagai paparan penyakit menular dan penyakit yang diakibatkan perbedaan cuaca tersebut.

Penggunanaan APD tentu akan dapat menjaga kesehatan dan kelancaran para jamaah haji dalam melaksanakan ibadahnya.

4. Minum Air Mineral Jangan Tunggu Haus

Banyak meminum air mineral saat melaksanakan ibadah haji merupakan keharusan, karena tubuh akan senantiasa terhidrasi dengan baik.

Memperhatikan asupan cairan dengan cara minum sesering mungkin, tentu akan mencegah tubuh dari kekurangan cairan.

Karena dehidrasi atau kekurangan cairan inilah yang nantinya akan dapat menyebabkan pemicu awal mereka penyakit bawaan menjadi berat.

5. Hindari Aktifitas di Luar Tenda

Perbedaan suhu yang tinggi dengan kelembaban rendah merupakan kondisi ekstrem pemicu sering terjadinya tidak sadar diri akibat mengalami kekurangan cairan.

Bahkan skaing ekstrimnya dapat menyebabkan mimisan karena udara terasa panas dan kering, penggunaan APD seperti masker merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasinya.

Baca Juga:Cuaca Terasa Panas Kenali 6 jenis Tanaman Peneduh Halaman Rumah Agar Semakin Indah dan SejukKenali 6 Tanaman Yang Cocok Untuk Penghijauan di Pinggiran Jalan Agar Semakin Nyaman Saat Berkendara

Hendaknya para jamaah haji untuk tidak banyak beraktifitas diluar ketentuan ibadah, simpan energi untuk persiapan puncak haji yakni di Arafah, Muzdalifah, Mina (Armuzna).

Berikut Beberapa Keluhan Cuaca Panas Dengan Tingkat Kelembaban Rendah  Yang Dapat Menimpa Jamaah Haji dan Cara Mengatasinya

1. Kepala Pusing 

Cara pencegahannya dengan minum oralit yang dicampurkan pada air minum dalam gelas.

2. Tenggorokan Kering dan Batuk

Cara Mengatasinya membasahi tenggorokan dengan minum air mineral sesering mungkin setiap 15 menit sekali dan hindari mengonsumsi minuman dingin yang dapat menyebabkan batuk.

3. Mimisan 

Cara Mengatasinya dengan menggunakana masker kain yang sebelumnya telah dibasahi dengan air hal ini bertujuan agar dapat menjaga kelembaban udara yang masuk ke rongga hidung.

0 Komentar