Kaya Akan Protein Perhatiakan 4 Efek Samping Ulat Hongkong Untuk Murai Agar Stamina Tetap Terjaga Saat Lomba

efek samping ulat hongkong untuk murai
pemberian ulat hongkong pada murai batu sebaiknya tidak berlebihan baik jumlah maupun waktunya/ Gambar kontesburung.com
0 Komentar

4. Menyebabkan Cacat atau Kelumpuhan

Pemberian ulat hongkong pada murai batu terutama pada murai anakan usia 0 sampai 10 hari dapat menjadi penyebab cacat atau kelumpuhan.

Banyak kasus terjadi khsusunya peternak murai batu menjumpai anakan atau trotolannya dalam keadaan jari yang bengkok atau bahkan lumpuh tidak dapat berdiri sempurna.

Hal ini disebabkan salah satunya memberikan extrafooding berupa ulat hongkong pada indukan murai batu yang sedang meloloh anaknya.

Baca Juga:Cuaca Panas Tidak menjadi Halangan Simak 5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Ibadah Haji Agar Sehat dan LancarSelain Bima, ini 4 Tempat Jogging di Kota Cirebon Paling Favorit Dekat Mall dan Pusat Kuliner

Sebagai solusi jitu guna menghindari efek negatif dari ulat hongkong yakni sebiaknya berikan ulat hongkong tidak setiap hari berikan dua kali dalam seminggu dengan jumlah yang sedikit saja.

Sebelum diberikan pada burung murai batu sebaiknya ulat hongkong diberi pakan berupa sayuran seperti wortel, yang akan memberi efek dingin saat dikonsumsi.

Selain dampak negatif dari pemberian ulat hongkong pada murai batu di atas, berikut manfaat yang akan di dapat jika diberikan secara tidak berlebihan.

1. Untuk Mengganti Sel-Sel Tubuh Yang Rusak

Ulat hongkong yang kaya akan protein, selain sebagai sumber energi bagi burung murai berperan juga dalam mengganti sel-sel tubuhnya yang rusak.

Hal ini seperti dijelaskan oelh Widodo (2016:23) dalam bukunya yang berjudul Formulasi Pakan Burung Ocehan dan Hias “fungsi protein adalah membentuk sel-sel tubuh serta mengganti sel-sel tubuh yang rusak”.

2. Burung Jadi Relatif Lebih Stabil

Pemberian ulat hongkong yang cukup tidak berlebihan menjadikan burung relatif lebih stabil, tidak mudah sakit dan tampak terlihat lebih lincah.

Apalagi pada musim hujan dimana kondisi lingkungan yang dingin menjadikan suhu tubuh menjadi lebih menurun, pemberian ulat hongkong dapat menjadikan tubuh murai batu jadi lebih hangat sehingga tidak mudah drop atau sakit.

Baca Juga:"Home Sweat Home" Dengan Mengenali 6 Pohon Yang Cocok Di depan Rumah Quality Time Tetap TerjagaCuaca Terasa Panas Kenali 6 jenis Tanaman Peneduh Halaman Rumah Agar Semakin Indah dan Sejuk

3. Membantu Merontokan Bulu

Banyak kasus terjadi dimana burung murai batu sulit mabung, pemberian ulat hongkong dengan trik tertentu dapat mempercepat turunnya bulu. 

4. Ulat Hongkong Sebagai Sumber Energi

Menurut drh. Karinadintha Marsya Rachman burung membutuihkan protein sebasar 35 % dari bobot tubuhnya. 

Protein dibutuhkan burung sebagai sumber energi kekurangan asupan protein dapat menyebabkan burung terlihat lemas malas berkicau, bulu tampak kusam dan rusak, tubuh tampak kerdil.

0 Komentar