Dinkes Kabupaten Cirebon Optimistis Target Zero Stunting di Tahun 2030 Tercapai

Dinkes Kabupaten Cirebon Optimistis Target Zero Stunting di Tahun 2030 Tercapai
Dinkes Kabupaten Cirebon Optimistis Target Zero Stunting di Tahun 2030 Tercapai
0 Komentar

CIREBON, RADARCIREBON.ID – Forum Cirebon Kabupaten Sehat mengaku pesimis jika Kabupaten Cirebon bisa bebas stunting di tahun 2030. 

Pasalnya, sejumlah langkah yang harus dilakukan dalam penanggulangan stunting, saat ini terlewatkan begitu saja oleh Pemkab Cirebon.

Hal itu diungkapkan Sekjen Forum Cirebon Kabupaten Sehat, H Anwar Sadat MSi kepada Radar Cirebon, kemarin. 

Baca Juga:Website Pemkot Tidak Bisa Diakses Akibat Peretasan Server Pusat Data NasionalPPDB SMP, Pendaftar Jalur Zonasi di SMPN 18 Kota Cirebon Baru 61 dari Kuota 150 Siswa

Menurut Anwar, dalam penanggulangan stunting, ada sejumlah upaya yang harus dilakukan Pemkab Cirebon, salah satunya meminta camat untuk menekan angka stunting bahkan zero stunting sejak awal tahun. 

“Dan para camat ini bisa menekan para kuwu di wilayahnya untuk menekan angka stunting yang ada salah satunya melalui optimalisasi dana desa (DD),” ujarnya.

Mantan camat Mundu ini menegaskan, Pemkab Cirebon dan instansi terkait harus melakukan pemetaan terhadap prioritas desa yang harus menjadi zero stunting di tingkat desa. 

“Pemda harus membuat milestone, kecamatan mana saja di awal tahun yang bisa menekan angka stunting bahkan bisa zero stunting di wilayahnya,” tuturnya.

Selain itu, Pemkab dalam hal ini seluruh steakholder terkait harus memanfaatkan kearifan lokal yang ada di wilayah untuk penuntasan penurunan angka stunting di desa-desa yang ada di Kabupaten Cirebon. 

“Optimalkan keberadaan mahasiswa KKN di desa-desa untuk bersama pemdes dalam penanganan stunting. Terakhir pendataan harus tetap berlanjut melalui monev bulanan,” tuturnya.

Namun, kata Anwar, upaya tersebut tidak dilakukan Pemkab Cirebon dalam upaya penanggulangan stunting. Sehingga, dirinya pesimistis bisa zero stunting di 2030. 

Baca Juga:SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon Hibahkan Lima Topeng dan Kostum Tari Topeng DKP3 Lakukan Vaksinasi Kucing dan Anjing, Ini Alasannya

Hal berbeda disampaikan, Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinask Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, dr Teti Rostianty. 

Justru, dr Teti mengaku optimis jika Kabupaten Cirebon akan zero stunting di tahun 2030 mendatang. “Kita optimis bisa zero stunting di tahun 2030, karena setiap tahun selalu ada tren penurunan stunting,” tuturnya. 

Bahkan, lanjut Teti, untuk target penurunan stunting Jawa Barat di tahun 2024 ini adalah 14 persen, sedangkan di Kabupaten Cirebon saat ini sudah di bawah 10 persen. “Di akhir 2023 saja kita sudah 7,9 persen, jadi itu melebihi target Provinsi Jawa Barat,” ujarnya.

0 Komentar