Pekan Imunisasi Nasional Vaksin Polio Digelar Serentak, Target 33 Provinsi di Tahun 2024

Vaksin Polio
Vaksin Polio akan disebar di 33 provinsi dalam program pekan imunisasi nasional 2024.
0 Komentar

RADARCIREBON.ID – Ada kabar baik bagi seluruh masyarakat di seluruh Indonesia. Pemerintah akan menyelenggarakan vaksin Polio.

Vaksin Polio ini akan diselenggarakan serentak di seluruh wilayah Indonesia sejak bulan Mei 2024 lalu.

Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin akan memberikan vaksin Polio di 33 provinsi di Indonesia.

Baca Juga:Pembatasan BBM Subsidi Segera Diberlakukan, Berikut Daftar Kendaraan yang Tidak Boleh Isi PertaliteWADUH, Pembukaan CPNS 2024 Kembali Diundur, Berikut Penjelasan MenPANRB

Hal ini dilakukan dalam rangka menekan angka penularan virus Polio yang dapat mengakibatkan penderita lumpuh seumur hidup.

Rencananya, pemberian vaksin Polio akan dilakukan sebanyak 2 tahap di tahun 2024 ini.

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap 1 yang dimulai pada 27 Mei 2024 hanya dilakukan di 6 provinsi di Papua, yaitu Papua, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Barat, dan Papua Barat Daya.

PIN tahap 2 menyasar 27 provinsi, yaitu Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta (kecuali Kabupaten Sleman) dan Bali.

Kemudian Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku, dan Maluku Utara.

Dalam kunjungannya ke Jayapura saat pemberian vaksin Polio, Presiden Jokowi meminta agar masyarakat memberikan dukungan kepada PIN Polio guna mencegah virus Polio menyebar di Indonesia.

“Ya, kita harus mewaspadai bahwa sekarang ini di seluruh dunia outbreak polio itu terjadi lagi. TB (tuberkulosis) juga naik sehingga kita ingin mendahului untuk daerah-daerah yang vaksin polionya masih rendah,” ujar Presiden Jokowi dilansir dari laman Disway.id, Rabu 24 Juli 2024.

Baca Juga:Lowongan Kerja Terbaru Dibuka PT Electronic City, Ada 10 Posisi yang Dibutuhkan, Lulusan SMA Bisa MendaftarMessi Cidera Menit 64, Copa America 2024 Masih Milik Argentina, Rekor Terbaik di 3 Tahun Terakhir

Sementara, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pelaksanaan PIN Polio dilakukan sebagai upaya proteksi tambahan bagi anak anak Indonesia, mengingat sebagian besar wilayah di Indonesia juga berisiko tinggi terhadap penularan polio.

“Ini merupakan upaya kita untuk memberikan perlindungan terhadap seluruh anak anak di Indonesia, tanpa memandang status vaksinasi sebelumnya,” kata Menkes Budi.

Demikian informasi terkait adanya penyelenggaraan vaksin Polio di seluruh Indonesia yang dicanangkan pemerintah. Semoga bermanfaat. (*)

0 Komentar