Astra dan Toyota Perkuat Kemitraan Strategis di Bisnis Mobil Bekas

Bisnis Mobil Bekas
BISNIS MOBIL BEKAS: Astra dan Toyota memperkuat kemitraan strategis di sektor bisnis mobil bekas. (FOTO: ASTRA for Radar Cirebon)
0 Komentar

RADARCIREBON.ID – Dalam rangka memperkuat kemitraan strategis dan memperluas kolaborasi di bisnis mobil bekas, Astra dan Toyota resmi menjalin kerja sama melalui PT Astra Digital Mobil (ADMO).

Toyota Motor Asia (Singapore) Pte. Ltd. (TMA) telah membeli 40% saham di ADMO. Transaksi tersebut dilakukan melalui pembelian saham baru dan saham yang sudah ada (existing shares), dengan total nilai sebesar USD 120 juta atau sekitar Rp2 triliun.

Meskipun TMA kini memiliki 40% saham, Astra melalui PT Astra Digital Internasional (ADI) tetap menjadi pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan sebesar 60%, sehingga tetap mengendalikan ADMO.

Baca Juga:DPUTR Kota Cirebon Apresiasi Gerak Cepat BBWS ) Cimanuk-CisanggarungSejarawan Cirebon Minta Gubernur Operasikan Feeder Train Amparan Jati

Presiden Direktur Astra, Djony Bunarto Tjondro, menyampaikan bahwa selain mengoptimalkan bisnis inti, Astra juga aktif berinvestasi di sektor-sektor dengan skala pertumbuhan yang tinggi.

Menurutnya, pasar mobil bekas di Indonesia masih sangat terfragmentasi dan memiliki potensi besar untuk menciptakan nilai dalam skala besar.

“Kemitraan ini memperkuat komitmen kami untuk terus berinovasi, memberikan aksesibilitas, serta menghadirkan solusi mobilitas yang terpercaya bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Saat ini, ADMO memiliki dua entitas utama melalui anak perusahaannya: OLX.co.id, platform iklan baris digital terbesar di Indonesia untuk jual beli barang bekas dan jasa; serta OLXmobbi, layanan jual beli mobil bekas berbasis model online-to-offline yang telah memiliki lebih dari 30 gerai dan pusat inspeksi di 10 kota besar di Indonesia.

Kerja sama ini menjadi tonggak penting dalam kemitraan berkelanjutan antara Astra dan Toyota. Dengan menggabungkan ekosistem otomotif Astra yang komprehensif serta teknologi dan jaringan luas milik Toyota, ADMO diharapkan dapat memodernisasi sektor mobil bekas serta memperluas akses pelanggan terhadap kendaraan berkualitas, pembiayaan, asuransi, dan layanan purnajual di seluruh Indonesia.

Kemitraan ini juga diharapkan meningkatkan sinergi antara Astra dan Toyota, khususnya dalam mempermudah pelanggan dalam membeli kendaraan baru maupun bekas melalui program trade-in.

Selain itu, kerja sama ini mendukung tren makro seperti ekonomi sirkular, keterjangkauan, dan digitalisasi.

Baca Juga:Sespimma Polri Angkatan 73 Tanam Mangrove Tuan Rumah Roadshow SPK Indonesia

Dengan struktur biaya yang lebih efisien dan jangkauan pasar yang lebih luas, serta meningkatnya permintaan terhadap mobil bekas, OLXmobbi diyakini berada pada posisi strategis sebagai mobility enabler terdepan.

0 Komentar