SEMARANG – Ribuan warga Semarang tumpah ruah di kawasan Simpang Lima pada Minggu pagi, 14 September 2025. Mereka mengikuti gelaran XL Weekend Rush Semarang, sebuah festival digital dan gaya hidup yang digagas oleh PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART).
Acara ini menjadi bentuk apresiasi XLSMART kepada 645.000 pelanggannya di Kota Semarang. Sekaligus, menjadi ajang untuk memperkenalkan kualitas jaringan baru pasca-merger yang diklaim lebih luas dan andal.
Salah satu agenda utama adalah fun bike sejauh 20 kilometer. Sekitar 500 peserta ambil bagian, mulai dari komunitas sepeda, keluarga, hingga pelanggan setia XLSMART.
Baca Juga:AXIS Nation Cup 2025: Tim SMAN 1 Cianjur Melangkah ke Grand Final Kebersamaan Warga Griya Caraka Warnai Aksi Donor Darah: 41 Kantong Terkumpul
Rute yang ditempuh pun dirancang menyenangkan. Para peserta melintasi kawasan ikonik seperti Simpang Lima, Kota Lama, Sam Poo Kong, Banjir Kanal, dan kembali ke Plaza Simpang Lima sebagai titik akhir.
Setiap peserta mendapatkan race pack berisi jersey, cycling cap, BIB number, medali, serta konsumsi. Di sepanjang rute, disiapkan pula pos air, tenaga medis, marshal, hingga cheering squad.
XLSMART juga menyediakan berbagai hadiah menarik. Dari uang tunai, smartphone, produk unggulan, hingga door prize bagi peserta yang memenangkan kategori seperti King of Mountain (KOM).
Tak hanya peserta fun bike yang menikmati kemeriahan. Masyarakat umum turut memadati Plaza Simpang Lima yang disulap menjadi festival kuliner, hiburan, dan booth digital.
Aneka tenant makanan lokal Jawa Tengah hadir di area festival. Di sampingnya, terdapat booth produk digital XLSMART, photobooth, games interaktif, dan quiz berhadiah.
Panggung utama pun tak kalah semarak. Grup musik RAN dan Barasuara tampil sebagai penutup acara. Mereka tampil bersama musisi lokal dan sesi zumba massal yang digelar untuk menebar semangat hidup sehat.
Menurut Arif Farhan Budiyanto, Group Head Central Region XLSMART, pemilihan Kota Semarang bukan tanpa alasan. Selain ikonik secara sejarah, kota ini menjadi representasi kesiapan layanan jaringan baru mereka di Jawa Tengah.
Baca Juga:XLSMART dan Telkom Perkuat Kolaborasi Strategis, Tingkatkan Layanan dan Potensi Bisnis DigitalHari Pelanggan Nasional 2025, XLSMART Apresiasi Pelanggan Lewat Poin, Diskon, dan Kejutan Spesial
Plaza Simpang Lima pun dipilih karena dianggap sebagai pusat aktivitas masyarakat dan simbol kehidupan urban Semarang.
Head Consumer Propositions XLSMART, Sri Sofyana Sugiarmadji, menyebut festival ini sebagai ruang publik terbuka yang inklusif. “Semua orang bisa datang, bersantai, dan sekaligus merasakan langsung kekuatan jaringan digital XLSMART,” ujarnya.