3 Miliar untuk Finishing Menara Masjid Agung Sumber, Pemkab Targetkan Tahun Ini Selesai

CIREBON, RADARCIREBON.ID – Pemkab Cirebon memastikan pembangunan Menara Masjid Agung Sumber yang sudah 10 tahun tak rampung ditarget tahun ini bisa finishing.

Untuk itu, Pemkab Cirebon akan menggelontokan anggaran sebesar Rp3 Miliar dari APBD nya untuk proses finishing-nya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Dr Hilmy Rivai MPd mengaku, pembangunan menara masjid agung tinggal tahap akhir.

Pemkab melalui APBD Kabupaten Cirebon menggelontorkan anggaran senilai Rp3 miliar untuk proses finishing agar bisa rampung diselesaikan.

BACA JUGA: Pengembangan UMKM Masih Lambat, Sekda Hilmy: Optimalkan Kolaborasi antar SKPD

Menara Masjid Agung Sumber ini, kata Sekda Hilmy, merupakan salah satu ikon yang dimiliki Kabupaten Cirebon dari sisi religiusitas.

“Pembangunan ini menjadi skala prioritas dalam penyelesaian yang sebelumnya sempat tertunda karena keterbatasan anggaran,” kata Sekda Hilmy di sela kegiatannya, Jumat (13/1/2023).

Menurutnya, secara mekanisme saat ini proses administrasi sedang ditempuh agar bisa cepat dikerjakan.

Mengingat, diawal tahun memang menjadi tugas di tiap bagian SKPD untuk mengedepankan sektor pengerjaan prioritas berbasis kepentingan masyarakat.

BACA JUGA: Begini Kata Sekda Terkait Larangan Parkir di Komplek Perkantoran Pemda Kabupaten Cirebon

Lebih lanjut, dikatakan Sekda Hilmy, Menara Masjid Agung Sumber jika sudah selesai bisa tersentralisasi dengan Taman Pataraksa yang juga bakal dikerjakan tahun ini.

“Pembedanya, hanya sumber anggaran saja. Untuk Taman Pataraksa dari provinsi senilai Rp 5 miliar, kalau menara dari kabupaten,” ungkap Hilmy.

Diakuinya, keseriusan Pemkab Cirebon dalam pembangunan memang menjadi tugas yang harus dikedepankan yang memang belum selesai dikerjakan tahun lalu. Sehingga, skala prioritas menjadi penentu arah pembangunan.

“Kami terus kebut berbagai aspek pembangunan yang sudah terencana. Salah satunya menara masjid yang memang sempat terkendala karena tidak ada anggaran,” terangnya.

BACA JUGA: Terbaru, Sertifikasi Guru Dibuka Januari 2023: Ini yang Harus Disiapkan Tendik

Diketahui, menara Masjid alAgung Sumber yang dirancang setinggi 13 lantai belum juga selesai dibangun lebih dari 10 tahun.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Agung Sumber, Mushofa, mengapresiasi jika proses pengerjaan menara bisa diselesaikan tahun ini.

Komentar