4 Tips Agar Kotoran Ayam Tidak Bau

RADARCIREBON.ID- Kalau kita mau buka usaha rumahan, atau usaha kecil-kecilan dalam rangka membantu perekonomian keluarga, tentunya tidak lepas dari sebuah resiko.

Apalagi, kalau kita mau buka usaha peternakan ayam petelur. Yang repot dan bikin malasa adalah omongan tetangga rumah atau masyarakat sekitarnya, karena meninbulkan bau tak enak.

Walapun hanya peternak ayam petelur skala kecil, misalnya populasi sebanyak 100 ekor, manajeman kandang harus tetap diperhatikan. Karena, dengan populasi yang terbatas juga tetap akan menimbulkan bau yang menyengat.

BACA JUGA : Cara Ternak Ayam Petelur, Bantu Ekonomi Keluarga

Bagaimana caranya agar kotoran ayam tidak bau. Masih menurut peternak milenial, Giyo Sastra (21), walaupun kandang ayamnya dekat dengan perumahan, bahkan berada di tengah-tengah perumahan penduduk, selama ini tidak menimbulkan bau yang menyengat. Kok bisa ya?

“Saya kandangnya di kompleks perumahan, kanan kiri semuanya rumah penduduk. Tapi, selama ini tidak pernah ada komplain dari warga sekitar,” tegas pria yang sudah hobi berbisnis sejak kecil ini.

Ditambahkna, ukuran kandangnya hanya panjang 12 meter dan lebar sekitar 4 meter. Ukuran itu cukup untuk populasi 120 ekor dengan model bentuk kandang tingkat tiga. Jarak, antara dasar kandang dengan tanah hanya 1 meter. Idealnya, 1,5 meter bisa agar gas amoniak tidak di hirup ayam.

 

BACA JUGA : Kandang Terbakar, 14.000 Anak Ayam Terpanggang

Lantas bagaimana agar kandang tidak menimbulkan bau? Kata dia, tentunya manajeman kandang harus baik,  ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam manajeman kandang, yaitu :

  1. Talang air

Talang air atau tempat air minum ayam, itu biasanya berada di atas tempat pakan, Ini harus diperhatikan, jangan sampai ada air yang menetes ke tempat pakan. Karena, pakan ayam jadi cepat basi dan ini bahaya kalau dimakan ayam, karena ayam akan sakit.

 

Talang air jangan sampai bocor dan menetes ke bawah, ini yang akan mengakibatkan kotoran ayam jadi bau. Jadi, bagaimana pun caranya air ini jangan sampai jauh ke bawah. Jadi, kotoran ayam harus tetap kering.

 

Komentar