5 Penyebab Murai Batu Cabut Bulu, Cek Faktanya di Sini

RADARCIREBON.ID – Penghobi murai batu, pasti pernah mengalami burung murai batunya cabut bulu. Rasanya pusing tujuh keliling ketika menjumpai murai batu cabut bulu. Hal ini perlu diketahui penyebab murai batu cabut bulu

Kondisi demikian wajar ketika informasi tersebut, belum banyak diketahui faktor penyebabnya. Oleh karena hal itu, mari simak berikut ini beberapa penyebab murai batu cabut bulu.

  1. Murai Batu Over Emosi atau Birahi

Faktor  utama penyebab burung cabut bulu dikarenakan salah dalam perawatan hariannya. Pemberian ekstrafooding  yang tidak tepat karena jumlah yang terlalu banyak, atau karena jenis ekstrafooding  yang tidak sesuai merupakan faktor terjadinya over emosi atau birahi .

Baca juga: 5 Makanan Alami Murai Batu Kandungan dan Manfaatnya, Dijamin Pasti Gacor

Oleh karenanya penghobi murai batu perlu memahami tentang sifat dan karakter dari ekstrafooding tersebut, sehingga dalam rawatan hariannya bisa disesuaikan dengan porsi dan kebutuhannya.

Pahami karakter murai batu anda, sebelum menentukan jumlah dan jenis ekstrafooding yang dibutuhkan.  Sehingga terjadi kesimbangan birahinya. Karena setiap murai batu memiliki karakter yang berbeda beda.

  1. Kutu

Faktor kedua penyebab burung cabut bulu ialah timbulnya kutu pada burung, dikarenakan kebersihan kandang yang kurang diperhatikan. Bersihkan kandang secara rutin dari kotoran dan sisa sisa makanan, kandang yang kotor berpeluang timbulnya bakteri dan parasit.

Kutu yang menempel pada sela sela bulu, akan menimbulkan rasa gatal, sehingga mau tak mau murai batu anda akan mematuk bulunya secara terus menerus.

Baca juga: Lokasi Embung Sarwadadi, Destinasi Wisata dan Olahraga di Talun Cirebon

Seandainya hal ini dibiarkan performa burung jadi menurun karena murai batu anda akan disibukan dengan terus mematuk bulunya, lama kelamaan akan terjadi kebotakan.

  1. Durasi Penjemuran Terlalu Lama

Penjemuran pada murai batu sebenarnya berfungsi menjaga kesehatan burung, karena pada proses ini terjadi perubahan pro vitamin D menjadi vitamin D, suhu tubuh burung menjadi stabil, dan mampu membunuh parasit.

Penjemuran burung yang terlalu lama dan dilakukan terus menerus berpeluang timbulnya kerusakan pada bulu bahkan berkurangnya nutrisi, hingga pada akhirnya murai batu anda akan merasa tidak nyaman selanjutnya akan mencabuti bulunya.

Komentar