6 Tips Menjaga Keamanan Rekening Bank dari Pembobolan

RADARCIREBON.ID – Mencuatnya berita terjadinya pembobolan rekening BCA oleh tukang becak di Surabaya mengingatkan kita untuk menjaga keamanan rekening. Berikut 6 Tips Menjaga Keamanan Rekening Bank dari Pembobolan.

Diberitakan tak tanggung-tanggung senilai Rp320 Juta milik nasabah raib dibobol pelaku. Dan kejadian seperti ini bisa terjadi kepada siapa saja, dan bank apa saja.

Bagaimana cara kita tetap menjaga rekening bank aman. Berikut tipsnya yang dibagikan langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

OJK menyampaikan modus kejahatan perbankan di era digital semakin berkembang dengan berbagai modus baru dan memanfaatkan kelalaian konsumen dalam menjaga data pribadi.

baca juga: Perlu Dicoba, 8 Tips Lolos Sertifikasi Dosen 2023

Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan modus kejahatan perbankan di era digital semakin berkembang dengan berbagai modus baru dan memanfaatkan kelalaian konsumen dalam menjaga data pribadi.

Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan modus kejahatan perbankan di era digital semakin berkembang dengan berbagai modus baru dan memanfaatkan kelalaian konsumen dalam menjaga data pribadi.

“Untuk mencegah hal tersebut, masyarakat dapat melakukan serangkaian pencegahan seperti mengaktifkan fitur notifikasi transaksi, mengecek histori transaksi secara berkala melalui aplikasi mobile banking, menjaga keamanan seluler dan koneksi internet yang digunakan, serta menjaga kerahasiaan data pribadi,” ujarnya seperti dikutip dari IG @ojkindonesia.

OJK juga memaparkan lima cara yang dapat masyarakat lakukan untuk menjaga keamanan rekening. Berikut 6 tips menjaga keamanan rekening yang bisa Anda jalankan:

1. Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi Fitur ini akan membantu Anda dengan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon Anda ketika ada transaksi baik dana masuk atau keluar.

2. Cek histori rekening atau saldo secara berkala Saat ini, Anda bisa sangat mudah untuk mengecek histori rekening dan saldo melalui aplikasi mobile banking atau internet banking Bank yang Anda miliki.

3. Aktifkan fitur verifikasi dua langkah Amankan perangkat seluler Anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.

4. Hindari menggunakan WiFi Publik Untuk melakukan transaksi perbankan Anda disarankan menggunakan jaringan internet pribadi dan menghindari menggunakan WiFi Publik.

Komentar