Al Quran Adalah Obat, Nama Lainnya Ada Dalam Surat dan Ayat Ini

RADARCIREBON.ID Ini nama lain Al Quran, selain Al Tanzil, Al Kitab, Al Furqan dan Al Haqq. Nama Al Quran disebutkan dalam Al Quran sebanyak 73 kali. Al Quran juga memiliki beberapa nama lain yang menunjukkan sisi fungsi Al Quran. Seperti Al Syifa, berarti Al Quran adalah obat.

Menyimak dari tulisan Prof Dr KH Moh Ali Azis MAg, bahwa nama – nama lain untuk Al Quran yang sudah disebutkan antara lain Al Tanzil artinya diturunkan, Al Kitab artinya catatan, Al Furqan artinya pembeda), dan Al Haqq artinya kebenaran.

Nama – nama lain Al Quran selain dari itu adalah sebagai berikut.

a. Al Huda artinya petunjuk. Nama ini menunjukkan bahwa Al Quran merupakan petunjuk bagi manusia yang ingin meraih kebahagiaan dunia dan akherat. Siapa pun baik muslim maupun nonmuslim, yang mempelajari Al Quran dan menjadikannya petunjuk hidup di dunia, maka ia akan menemukan kemajuan hidupnya. Siapa pun yang hidupnya menyalahi aturan Al Quran, maka ia akan mengalami kesengsaraan.

Baca Juga:

Kapan Waktunya Qadla Puasa Ramadan?

Nama Al Huda ini disebutkan dalam Al Quran sebanyak 47 kali, antara lain dalam surat  Al Nahl ayat 89, Al Qashash ayat 85. Al Taubah ayat 33, al Kahfi ayat 55, al Baqarah ayat 97, al Fath ayat 28, dan Ali Imran ayat 138.

b. Al Bayyinah artinya bukti. Nama lain Al Quran ini menunjukkan bahwa Al Quran merupakan bukti dari kenabian Nabi Muhammad SAW. Dalam agama, ada dua hal yang tidak dapat dipisahkan, yaitu ajaran agama dan penyampai ajarannya. Untuk menjelaskan ajaran agama sesuai dengan karakter manusia, maka nabi yang diutus adalah manusia, bukan jenis malaikat.

Nama Al Bayyinah ini disebutkan dalam Al Quran di 30 ayat, antara lain surat al Shaff ayat 6, al Baqarah ayat 159, al Nur ayat 34, 36, al Ahqaf ayat 7, al Hijr ayat 1 dan Ghafir ayat 66.

c. Al Syifa artinya obat. Nama ini menunjukkan bahwa Al Quran adalah obat. Terutama obat hati agar mendapat ketenangan jiwa. Nama lain Al Quran ini disebut dalam surat Yusuf ayat 57, al Isra ayat 83, dan Fushshilat ayat 44.

Komentar