Bandara Kertajati Majalengka Tambah Ramai, Ada Tol Cisumdawu 100 Persen dan Penerbangan Haji 2023

KEBERADAAN Bandara Kertajati Majalengka lambat laun akan membawa dampak positif bagi warga sekitarnya.

Kini Bandara Kertajati Majalengka bakal tambah ramai karena Tol Cisumdawu akan beroperasi 100 persen atau beroperasi keseluruhan mulai akhir Februari 2023.

Hal lain yang bakal bikin Bandara Kertajati Majalengka tambah ramai adalah penerbanga haji 2023 yang diproyeksikan dari bandara dengan nama lengkap Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati itu.

Rencana penerbangan haji 2023 dari Bandara Kertajati Majalengka kini terus dimatangkan. Bahkan belum lama ini Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil telah berkunjung ke Kemenag di Jakarta.

BACA JUGA: Tol Cisumdawu Beroperasi, Bandara Kertajati Gantikan Bandara Husein Sastranegara

Ya, tepatnya pada Rabu 18 Januari 2023, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah atau PHU Kemenag, Hilman Latief guna membahas rencana penerbangan haji 2023 dari Bandara Kertajati Majalengka.

Pada kesempatan itu Ridwan Kamil menyampaikan bahwa Bandara Kertajati Majalengka sudah siap digunakan untu penerbangan haji 2023.

Ridwan Kamil mengatakan eEbarkasi Kertajati akan segera dimanfaatkan pada operasional haji tahun 2023.

“Kami pemerintah daerah sangat mendukung. Kami segera menyelesaikan akses jalan tol untuk memperlancar jalan menuju Bandara Kertajati. Untuk itu, kami akan memaksimalkan APBD,” kata Ridwan Kamil.

BACA JUGA: Mengenal 6 Seksi Tol Cisumdawu, Mendukung Akses Bandara Kertajati

Sementara Hilman Latief mengatakan kehadiran Ridwan Kamil menunjukkan sebuah keseriusan dan kerja sama untuk merealisasikan penerbangan haji 2023 dari Bandara Kertajati Majalengka.

“Kami menyambut baik kunjungan dari Gubernur Jawa Barat beserta jajaran untuk kesiapan penyelenggaraan di Embarkasi Kertajati,” katanya.

Hilman Latief mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi agar rencana penerbanga haji 2023 dari Bandara Kertajati bisa terlaksana.

“Saat ini untuk kuota haji Jawa Barat masih sama seperti tahun 2019 atau kuota full yaitu 38.852. Untuk pesawat yang akan digunakan masih mengunakan pesawat Arab Saudi,” tandas Hilman Latief dalam pertemuan tersebut.

BACA JUGA: Jamaah Haji 2023 lewat Kertajati, Berikut Sejarah Pemberangkatan Haji di Indonesia

Seperti diketahui, pemerintah sudah menyiapkan Bandara Kertajati di Majalengka untuk menggantikan peran Bandara Husein Sastranegara di Bandung. Apalagi sudah ada Tol Cisumdawu.

Komentar