Belum Deklarasi, Dukungan PKS Masih Semi Resmi

Calon Presiden, Anies Baswedan mendapat dukungan dari tiga partai dan tinggal menunggu deklarasi. foto : ist
0 Komentar

JAKARTA, RADARCIREBON.ID –   Dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) dalam Pemilu 2024 dari PKS, dinilai partai NasDem masih bersifat semi resmi. Soalnya, belum ada deklarasi.

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengungkapkan,  Demokrat m sudah mengumumkan pencapresan Anies melalui rilis tertulis dari  Ketua Umum  Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. Sedangkan, PKS melalui Wakil Ketua Majelis Syuro Sohibul Iman, mengumumkannya dalam konferensi pers kemarin.

Ali memahami setiap partai memiliki cara masing-masing dalam mendeklarasikan calon yang akan diusungnya. Cara PKS mengumumkan pencapresan Anies bersifat semi resmi, maka kita  tunggu deklarasi resmi.

Baca Juga:Soal Cawapres, PKS: Terserah Anies BaswedanApa Kata Pengamat Soal Pertemuan Ganjar dan Megawati?

“Setiap partai itu kan memiliki mekanisme sendiri-sendiri, apakah keterangan itu sudah menjadi keputusan resmi dari partainya kita belum tahu. Tapi paling tidak, intensitas komunikasi NasDem, Demokrat, PKS berjalan baik,”  katanya.

Seperti diketahui, PKS telah resmi memberikan dukungannya ke Anies Baswedan untuk maju Pilpres 2024. Partai Demokrat yang tergabung dalam Koalisi Perubahan mengapresiasi langkah tersebut.

“Ini merupakan kesepakatan bersama, di mana keinginan tiga partai mengusung Koalisi Perubahan, sebelumnya jauh-jauh hari 3 Oktober 2022 Ketum Nasdem Surya Paloh mendahului pengumuman bahwa Anies bakal calon presiden NasDem,” tegasn, Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution.

Kata Syahrial, Anies telah resmi mendapat dukungan 20 persen untuk melangkah sebagai bacapres 2024. Maka, sekarang Partai Demokrat menunggu deklarasi resmi Koalisi Perubahan.

“Kit akan tunggu deklarasi resmi ketiga partai yang akan ditandatangani oleh masing-masing partai. Kapan dilakukan yang pasti jawabannya tidak akan lama lagi, kita tunggu saja, ” ujar Syahrial.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman mengatakan, PKS konsisten jadi bagian partai pengusung Anis Baswedan. Dukungan terhadap Anies Baswedan akan disampaikan secara terbuka dalam rapat Badan Pekerja Majelis Syuro PKS. Dengan adanya dukungan dari PKS tersebut, maka saat ini ada tiga partai yang mengusung Anies Baswedan.

“Pernyataan  ini untuk menjawab berbagai pertanyaan dari masyarakat terkait arah PKS terhadap pilihan presiden di 2024. “Dari situasi yang ada, PKS sangat merasakan ada dinamika harapan atau ekspetasi dari publik terkait koalisi pendukung bapak Anies, ” jelasnya.

0 Komentar