CIREBON, RADARCIREBON.ID – Tugas Bendahara dalam Organisasi memiliki peranan penting untuk keberlangsungan kegitan berorganisasi.
Tugas bendahara dalam organisasi dibentuk di dalam suatu organisasi atas keputusan bersama.
Tugas bendahara dalam organisasi memiliki sejumlah peranan penting.
Pengertian Tugas Bendahara Dalam Organisasi
BACA JUGA:Â Terbaru! Mentahan Struktur Organisasi Kelas, Tinggal Unduh
Bendahara merupakan bagian kepengurusan harian organisasi yang membidangi segala macam administrasi keuangan sekaligus tata kelola keuangan dari organisasi yang bersangkutan.
Bendahara berada dalam naungan PTPK yang singkatan dari Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan. Regulasi lengkap dengan pasal-pasal tentang bendahara juga ada di sana.
Menurut PTPK, bendahara adalah unsur di dalam organisasi yang membantu kepala atau ketua untuk melakukan pengelolaan keuangan beserta aktivitas terkait keuangan.
Manfaat Tugas Bendahara Dalam Organisasi
BACA JUGA :Â Seperti Ini Cara Membuat Struktur Organisasi di Excel, Ternyata Mudah dan Cepat
Organisasi akan hancur atau mati jika tidak ada sistem keuangan yang bagus.
Karena tidak dipungkiri, uang adalah ruh setiap perkumpulan selain sumber daya alam, sumber daya manusia dan perangkat yang digunakan.
Maka dari itu, alokasi pendanaan tetap ada.
Bahkan untuk perusahaan maupun perkantoran, dibentuk divisi khusus untuk bidang ini yang salah satunya adalah bendahara.
Artinya, bendahara sangat bermanfaat bagi perusahaan maupun kantor.
Karena ia ikut membantu melancarkan sistem perusahaan dengan cara mengatur dan membuat program keuangan yang tepat.
Dari tangan mereka, arah keuangan bisa ditentukan. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan, apakah sudah di tabung, apakah laporan keuangan rapi dan sebagainya.
Maka dari itu, seorang bendahara tetap dibutuhkan oleh organisasi apapun.
Baca Juga:Â Mudik Gratis Lebaran 2023 dengan Hyundai Stargazer #DiantarSangBintang, Begini Caranya
Tugas Bendahara Dalam Organisasi
sebelum memasuki Tugas Bendahara ada peran-Â peran bendahara yang perlu Anda ketahui.
Sebagai Fungsi Administratif :
Bendahara harus menyimpan catatan pengeluaran dan penerimaan keuangan, termasuk pembayaran yang dilakukan oleh organisasi.
Sebagai Fungsi pengadaan:
Biasanya organisasi memiliki area yang didedikasikan untuk sarana dan prasarana, tetapi area ini biasanya hanya memantau sementara pengadaan dilakukan oleh bendahara.
Komentar