Cara Membersihkan Telinga Yang Tersumbat Kotoran dengan Aman

cara membersihkan telinga yang tersumbat
cara membersihkan telinga yang tersumbat
0 Komentar

RADARCIREBON.IDtelinga tersumbat dan pendengaran jadi menurun, maka bisa jadi itu disebabkan oleh penumpukan kotoran telinga, perubahan ketinggian mendadak, flu, dan lain-lain. Sumbatan pada saluran atau liang telinga (ear canal) bagian luar bisa jelas terlihat misalnya akibat terlalu banyak kotoran telinga atau masuknya air ke telinga.

Sedangkan sumbatan pada saluran telinga bagian dalam terjadi saat tuba atau saluran eustachius (esutachian tube) tidak membuka atau menutup dengan benar. Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang memerlukan perawatan khusus dan rutin.

Salah satunya ialah membersihkan kotoran di telinga. Kotoran atau serumen yang dihasilkan oleh kelenjar dalam saluran telinga umumnya dapat keluar dengan sendirinya. Proses ini bisa terjadi karena adanya gerakan sensorik yang di lakukan tulang daerah telinga seperti gerakan mengunyah dan menelan.

Baca Juga:Mengenal Bunga Kantil Dan Mengetahui Manfaat Buat KesehatanCara Mengobati Sariawan Di Pinggir Bibir Yang Ampuh

Pada dasarnya, telinga memiliki mekanismenya sendiri untuk mengeluarkan kotoran di dalamnya. Ketika terjadi pergerakan otot-otot wajah, perlahan-lahan serumen telinga akan terdorong keluar. Sehingga, Anda tidak perlu membersihkannya sampai ke bagian dalam, cukup bersihkan sekitar liang luar dengan kapas atau tisu. Namun, jika dirasa mengganjal atau gatal dan ingin mengeluarkan kotoran, Anda disarankan menerapkan cara membersihkan telinga yang benar dan aman.

Cara Membersihkan Telinga Tersumbat

beberapa cara menggunakan obat-obatan, beberapa bisa dilakukan dengan cara sederhana atau dengan bantuan alat kesehatan. Namun, kondisi yang cukup parah mungkin memerlukan penanganan dokter untuk pengobatan dan penyembuhannya.

Cara sederhana berikut ini umumnya efektif untuk mengatasi telinga tersumbat yang tidak terlalu parah. Lakukanlah yang sesuai dengan penyebabnya dan mudah bagi Anda untuk melakukannya. Mudah-mudahan pendengaran kembali lega dengan cepat.

1. Kompres Hangat

Jika flu atau masalah sinus yang menjadi penyebabnya, maka cara terbaik mengatasi telinga tersumbat seperti ini yaitu menggunakan kompres hangat. Panas dari kompres ini akan membantu melonggarkan sumbatan dan meredakan rasa sakit di telinga.

2 . Menghirup Uap Hangat

Menghirup uap hangat atau steam merupakan salah satu cara yang mudah dan efektif dalam mengatasi telinga tersumbat. Uap hangat akan membantu mengurangi lendir pada rongga hidung yang pada akhirnya juga akan membuat telinga terasa lebih lega dari sumbatan.

0 Komentar