Detik-detik Pergantian Tahun Baru Imlek, Warga Berkumpul di Kelenteng Kun An Tong

RADARCIREBON.ID – DETIK-detik pergantian Tahun Baru Imlek pada Sabtu 21 Januari 2023, malam. Pasalnya. Imlek tahun ini jatuh pada tanggal 22 Januari 2023. Warga Tionghoa di Kuningan berkumpul di Kelenteng Kun An Tong.

Kelenteng yang terletak di Jalan Siliwangi Kabupaten Kuningan itu menjadi tujuan bagi warga Tionghoa pada malam pergantian Tahun Baru Imlek.

Kelenteng Kun An Tong ini dikelola oleh Yayasan Tridharma Kelenteng Kun An Tong. Pengurus Yayasan Tridharma Kelenteng Kun An Tong pun menyambut dengan suka cita kehadiran warga Tionghoa di Kabupaten Kuningan yang datang ke kelenteng pada detik-detik pergantian Tahun Baru Imlek.

Untuk menyambut Tahun Baru Imlek dan kedatangan para warga Tionghoa, pengurus Yayasan Tridharma Kelenteng Kun An Tong telah melaksanakan berbagai persiapan. Para pengurus sibuk melakukan sejumlah persiapan salah satunya memandikan patung dewa dan membersihkan altar.

BACA JUGA: 

Ridwan Kamil Masuk Golkar, Beri Energi untuk Golkar Kuningan

Sepekan yang lalu pada Minggu pagi tanggal 15 Januari 2023, sejumlah Pengurus Yayasan Tridharma Kelenteng Kun An Tong  sibuk memandikan patung dewa sekaligus menggantikan jubahnya.

Petugas memandikan belasan patung dewa penghuni Kelenteng Kun An Tong dilakukan secara sangat hati-hati. Perlahan lahan dan sedikit demi sedikit menyiramkan belasan patung dewa tersebut dengan menggunakan air bunga melati.

Menurut Ketua Pengurus Kelenteng Kun An Tong Toto Heryanto alias Poey Lok Tek, patung dewa yang dimandikan jumlahnya ada banyak. Di antaranya Dewa Bumi, Dewi Welas Asih dan Dewa Kwan Kong yaitu dewa pelindung perdagangan.

“Tidak sembarangan untuk bisa memandikan para dewa tersebut, karena harus orang tertentu dengan diawali ritual sembahyang terlebih dahulu,” ujar Poey Lok Tek atau biasa dipanggil Toto Heryanto.

BACA JUGA: 

KH Said Aqil Siradj Sembuh, Santri Senang Kembali ke Pondok Pesantren Luhur Al Tsaqofah  

Lebih lanjut dikatakan Toto Heryanto, Kegiatan bersih-bersih patung dewa dan lingkungan Kelenteng Kun An Tong ini merupakan kebiasaan rutin setiap menjelang perayaan Imlek. Hal ini bertujuan untuk menyemarakkan perayaan tahun baru China agar lebih bersih dan jemaat kelenteng bisa lebih khidmat saat melakukan sembahyang pada malam pergantian tahun nanti.

Komentar