Gempa Bumi Terkini Terjadi di Pangandaran, Getaran Terasa Hingga Pangandaran, Legokjawa, Sindangsari, dan Cikalong

Gempa Bumi Terkini
Gempa Bumi Terkini terjadi di Kabupaten Pangandaran. Foto: BMKG
0 Komentar

RADARCIREBON.IDGempa bumi terkini terjadi di Barat Daya Kabupaten Pangandaran, Selasa, 2 Januari 2024, pukul 08:03:56 WIB.

Gempa bumi terkini di Pangandaran memiliki kekuatan sebesar 3.7 magnitudo berada pada kedalaman 14 km.

Lokasi gempa bumi terkini terjadi di koordinat 8,35 Lintang Selatan (LS) dan 108,47 Bujur Timur (BT).

Baca Juga:GILE BENER! Harga Bitcoin Tembus Rp695 Juta atau 45 Ribu Dolar AS, Diprediksi Masih akan Naik LagiFase Grup Piala Asia Berlanjut, Berikut Jadwal Lengkap Pertandingan Hingga Final

Pusat gempa terletak di laut dan berada di 72 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Wilayah yang merasakan guncangan ini mencakup Pangandaran, Legokjawa, Sindangsari, dan Cikalong, dengan skala MMI mencapai tingkat II. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyarankan agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi gempa bumi susulan yang mungkin saja terjadi.

Berdasarkan informasi ini, diperlukan kewaspadaan dan kesigapan dari seluruh masyarakat terhadap potensi dampak gempa susulan. 

Saran dari BMKG adalah untuk tetap waspada dan mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan gempa bumi tambahan yang dapat terjadi setelah gempa utama ini.

“Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat. Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” arahan dan peringatan dari BMKG.

Beberapa menit kemudian, BMKG mengeluarkan update terbaru informasi gempa bumi di Pangandaran.

Baca Juga:KUR Bank Mandiri 2024 Dibuka, Simak Syarat dan Ketentuan Terbarunya Disini, Bunga 6 Persen Per TahunnyaMANTAP! Harga BBM Turun Lagi Per 1 Januari 2024, Pertamax Green 95 Turun Drastis, Harga Pertalite Bagaimana?

“Gempa (UPDATE) Mag:3.7, 02-Jan-24 08:03:56 WIB, Lok:8.35 LS, 108.47 BT (Pusat gempa berada dilaut 72 km BaratDaya Kab. Pangandaran), Kedlmn:14 Km Dirasakan (MMI) II Pangandaran, II Legokjawa, II Sindangsari, II Cikalong,” update informasi dari BMKG.

Hingga saat ini, belum ada informasi lanjutan dari BMKG terkait gempa bumi terkini yang terjadi di Barat Daya Kabupaten Pangandaran.

Diketahui sebelumnya, gempa bumi juga terjadi di wilayah Jawa Barat tepatnya di Sumedang yang diguncang dengan magnitudo 4,5 dan Pangandaran pada tanggal 1 Januari 2024.

BMKG mengimbau kepada masyarakat wilayah Sumedang dan Pangandaran untuk selalu waspada terhadap gempa susulan yang mungkin bisa terjadi.

Demikian informasi terkait gempa bumi terkini yang kembali terjadi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Selalu waspada. (*)

0 Komentar