Harmony In Diversity ala SD Putra Nirmala

CIREBON, RADARCIREBON.ID – Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya dengan berbagai budaya karena wilayahnya yang sangat luas. Hal inilah yang membuat kita sebagai warganya harus bangga akan keberagaman yang ada di sekitar kita. Begitu pun dengan SD Putra Nirmala yang terdiri dari berbagai kemajemukan peserta didiknya mulai dari suku, ras, maupun agama.

Namun ini semua tidak menghalangi para peserta didik untuk berteman maupun berkreasi dalam keberagaman yang ada. Hal ini pula yang mengusung HARMONY IN DIVERSITY sebagai puncak perayaan belajar para peserta didik SD Putra Nirmala dalam satu semester ini yaitu dengan tema Berkebinekaan Global, pada Desember kemarin.

Kegiatan perayaan belajar ini merupakan salah satu Penguatan dari Profil Pelajar Pancasila dengan keenam dimensinya yang sudah dipelajari selama satu semester. “Ini merupakan aksi nyata yang dilakukan oleh anak-anak dalam mengeluarkan segala kreatifitas yang ada dalam dirinya.

Perayaan belajar ini pun membuktikan bahwa sekolah mampu bersinergi dengan semua pihak dalam mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan untuk murid-murid sesuai dengan minat dan kodratnya masing-masing.” ujar ketua panitia Ibu Utami, S.Pd.

Baca Juga: Beredar Foto Korban Lato-lato di WAG, Begini Kebenarannya

Tentunya kegiatan ini tidak langsung seketika jadi, namun perlu proses yang berpihak pada murid dalam kegiatan pembelajarannya dan kolaborasi yang berdiferensiasi. Kolaborasi ini melibatkan para peserta didik dari setiap jenjangnya sesuai dengan Proyek Pembelajaran selama satu semester ini.

Untuk Fase A, kelas 1 mereka membuat berbagai ucapan syukur atas tanah air Indonesia, sedangkan kelas 2 membuat berbagai resep menu makanan sesuai sukunya masing-masing. Fase B kelas 3 sebagai duta dalam menginformasikan keberagaman yang ada untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat, sedangkan kelas 4 sebagai entertainer dalam menampilkan kreasi tarian daerah yang disepakati bersama kelompok namun berbeda dengan sukunya sehingga mampu melestarikan budaya daerah lain.

Terakhir, untuk Fase C kelas 5 sebagai peragawan peragawati pakaian adat di Indonesia dan kelas 6 sebagai puncak dalam mendemonstrasikan berbagai kekayaan yang ada di setiap daerah sebagai kebanggaan warga negara Indonesia dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan.

Komentar