Inilah Sayuran dan Buah yang Aman Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes

Sayuran dan Buah yang Aman Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes
Sayuran dan Buah yang Aman Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes
0 Komentar

RADARCIREBON.ID – Kamu seorang penderita diabetes? Mulai atur pola makan dan makanan apa saja yang akan kamu konsumsi, tidak terkecuali sayuran dan buah.

Penderita diabetes atau gula darah harus berhati-hati saat memilih sayur dan buah untuk dikonsumsi. Soalnya, tidak semua jenis buah-buahan aman untuk penderita diabetes, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan dan diolah dengan cara yang kurang tepat.

Sebenarnya aneka sayur dan buah yang aman dikonsumi untuk penderita diabetes cukup beragam, dan mudah ditemukan di pasaran.

Baca Juga:Panwascam Kejaksan Tertibkan Ribuan APK, Segini JumlahnyaKPPS Pemilu 2024 Jangan Melakukan Ini, Sanksinya Sangat Berat

Selain tidak meningkatkan gula darah, sayuran dan buah berikut juga mampu mengontrol kadar gula, memilih sayur dan buah yang tepat juga akan melengkapi pola makan harianmu. 

Sayuran dan buah untuk penderita diabetes

Jika ingin membeli sayur dan buah untuk penderita diabetes, pilihlah sayur atau buah dengan indeks glikemik (GI) rendah. Agar lebih jelas, berikut beberapa jenis sayur dan buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes:

1. Daun singkong

Daun singkong merupakan sayuran yang murah dan sehat untuk penderita diabetes. Selain rendah gula dan kalori, sayuran ini juga kaya protein dan serat.

Berkat nutrisi tersebut, mengonsumsi daun singkong juga dapat membantu mengatasi sembelit, menjaga berat badan ideal, dan kadar kolesterol.  

2. Bayam

Bayam merupakan pilihan sayuran yang baik untuk penderita diabetes. 100 gram bayam mengandung sekitar 23 kalori dan 0,4 gram gula. Diharapkan saat mengonsumsi bayam, kadar gula darah akan lebih terkontrol.

Selain itu, vitamin A, vitamin C, asam folat, dan magnesium yang terdapat pada bayam juga akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh penderita diabetes, seperti yang kamu ketahui 

3. Kembang kol

Kembang kol merupakan sayuran yang baik untuk penderita diabetes karena kaya akan vitamin dan serat, namun rendah kalori.

Baca Juga:Alokasi Pupuk Subsidi di Kabupaten Cirebon Dinilai Masih Kurang, Wabup Ayu Ajak Pakai Pupuk OrganikPerlu Dicoba, Cokelat Hitam Mampu Menambah Libido Pria, Apalagi ya?

Senyawa antioksidan sulforaphane yang terdapat pada kembang kol juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga dapat mencegah memburuknya diabetes

4. Kubis

Kubis dianggap aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain menjaga kestabilan kadar gula darah, makan kubis juga dapat mendukung kesehatan tulang dan gigi, serta meningkatkan kesehatan otot karena kandungan kalsiumnya yang tinggi.

0 Komentar