Inilah Tips Cara Merawat Murai Batu Trotol Agar Fighter, Gacor Pokoknya

RADARCIREBON.ID – Cara merawat murai batu trotol memerlukan kesungguhan. Karena, pada fase ini sangat menentukan murai batu Anda akan menjadi burung yang biasa-biasa saja atau bahkan burung juara.

Cara merawat murai batu trotol merupakan dasar informasi yang wajib dipahami bagi penghobi burung murai batu. Karena, tidak sedikit penghobi murai batu lebih senang membeli murai batu dari anakan.

Cara merawat murai batu trotol harus telaten. Karena, harga burung ini lebih terjangkau langsung dari anakan, dibanding murai batu dewasa. Ada kepuasan tersendiri ketika memelihara murai batu dari sejak anakan, apalagi bisa sampai juara.

Kesalahan dalam cara merawat murai batu trotol akan berpengaruh besar ketika murai batu tersebut beranjak dewasa. Karena perawataan murai batu trotol merupakan fase dari sekian rangkaian penting dalam tahap pembentukan murai batu juara.

Murai batu trotol adalah sebutan untuk anakan murai usia di bawah 3 sampe 4 bulan. Dan umumnya setelah masa itu, murai batu masuk fase pra dewasa atau lepas trotol (pastol).

Baca juga:

Terus Koordinasi, Polresta Cirebon Siap Amankan Pilwu 2023 dan Pemilu 2024

Perlu di pahami bahwa pada fase ini murai batu trotol banyak memerlukan asupan nutrisi untuk pertumbuhannya, serta fase emas untuk merekam suara suara burung masteran atau mp3 dengan mudah.

Oleh karena itu mari simak tips berikut cara merawat murai batu trotol yang baik agar murai batu kelak menjadi burung yang sehat dan gacor;

1. Pakan
Berbeda murai batu dewasa dengan murai trotol, murai batu dewasa sudah terbentuk birahi sehingga perlu takaran khusus dalam pemberian ekstrafoodingnya.

Murai batu trotol belum terbentuk birahi dan masih dalam proses pertumbuhan, berikan jangkrik pagi 8 sampe 10 ekor danĀ  sore nya pun sama 8 sampai 10 ekor.

Berikan variasi jenis ekstrafooding selain jangkrik, ulat hongkong 1 ekor, kroto 2 minggu sekali. Lakukan disela antara makan pagi dan sore.

Baca juga:

Terus Koordinasi, Polresta Cirebon Siap Amankan Pilwu 2023 dan Pemilu 2024

Tujuan pemberian variasi ekstrafooding adalah untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya.

Lakukan disela antara makan pagi dan sore hari. cukup 1x waktu saja.

Komentar