Jadwal Pendaftaran PPK Pilkada, Simak Penjelasanya Disini!

Jadwal Pendaftaran PPK Pilkada, Simak Penjelasanya Disini!
Pelantikan 85 anggota PPK Pemilu 2024. Foto: lampungselatankab.go.id-radarcirebon.com
0 Komentar

RADARCIREBON.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi bagian dari penyelenggaraan Pemilu 2024.

Salah satu posisi yang dapat diisi adalah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Pendaftaran PPK 2024 ini merupakan suatu langkah awal bagi yang ingin berkontribusi langsung dalam demokrasi di Indonesia.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) adalah lembaga ad-hoc yang bertugas menyelenggarakan tahapan penyelenggaraan Pemilu di tingkat kecamatan. Tugas PPK sangat penting dalam memastikan jalannya Pemilu berjalan lancar, jujur, dan adil.

Lalu apa saja tugas-tugas PPK dan kapan jadwal pendaftaranya?

Berikut tugas PPK

  • Melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu di tingkat kecamatan yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota;
  • Menerima dan menyampaikan daftar Pemilih kepada KPU Kabupaten/Kota;
  • Melakukan dan mengumumkan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu anggota Dewan Perwakilan Rakyat, anggota Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota di kecamatan yang bersangkutan berdasarkan berita acara hasil penghitungan suara di TPS dan dihadiri oleh saksi Peserta Pemilu;
  • Melakukan evaluasi dan membuat laporan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu di wilayah kerjanya;
  • Melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu dan/atau yang berkaitan dengan tugas dan wewenang PPK kepada masyarakat;
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  • Menerima daftar Pemilih tambahan dari PPS dan menyampaikan daftar Pemilih tambahan kepada KPU Kabupaten/Kota;
  • Menerima dan menyerahkan laporan daftar nama Pantarlih;
  • Melakukan verifikasi dan rekapitulasi dukungan calon perseorangan anggota Dewan Perwakilan Daerah;
  • Menyampaikan rekapitulasi pengembalian surat pemberitahuan pemungutan suara dari PPS kepada KPU Kabupaten/Kota;
  • Membuat berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan suara;
  • Menyerahkan berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan suara kepada saksi peserta Pemilu, Panwaslu Kecamatan, dan KPU Kabupaten/Kota;
  • Menyusun dan menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran kepada KPU Kabupaten/Kota paling lama 2 (dua) bulan setelah pemungutan suara.
0 Komentar