Jadwal Sholat untuk Wilayah Kabupaten Cirebon, Jumat 20 Januari 2023

RADARCIREBON.ID- Jadwal sholat merupakan informasi yang berguna dan penting bagi umat Islam agar sholat tepat waktu dan tidak ketinggalan sholat.

Untuk itu, Kementerian Agama melalui Bimas Islam sudah membuat jadwal sholat untuk semua wilayah di Indonesia termasuk di Kabupaten Cirebon.

Jadwal sholat yang diumumkan terdiri dari sholat wajib, Subuh, Zuhur, Asar, Magrib dan Isya. Selain itu ada juga waktu Duha dan Imsak.

Berikut, Jadwal Sholat untuk wilayah Kabupaten Cirebon, Jumat 20 Januari 2023 seperti dilansir Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag):

BACA JUGA: Kabar Gembira, Retribusi Angkutan Desa Bakal Dihapus pada Tahun 2024

Imsak  : 04:12 WIB

Subuh  : 04:22 WIB

Duha    : 06:09 WIB

Zuhur   : 12:00 WIB

BACA JUGA : Ini Tahapan Pemilu 2024, Cek Tanggalnya

Asar     : 15:23 WIB

Magrib :18:14 WIB

Isya      : 19:28 WIB

Sholat adalah tiang agama. Hal ini disebutkan dalam hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Baihaqi.

“Sholat itu adalah tiang agama (Islam), maka barangsiapa mendirikannya maka sungguh ia telah mendirikan agama; dan barangsiapa meninggalkannya, maka sungguh ia telah merubuhkan agama”.

BACA JUGA: Siap-siap Bupati Imron Kirim Sinyal Rotasi dan Mutasi Eselon 3 dan 2

Untuk itu, umat Islam wajib untuk melaksanakan sholat lima waktu, yakni Subuh, Zuhur, Asar, Magrib, dan Isya.

Sebagai rukun Islam yang kedua, sholat adalah ibadah wajib bagi setiap umat Islam. Untuk itu, hendaknya umat Islam memberikan perhatian lebih kepada ibadah sholat.

Sholat merupakan suatu ibadah yang istimewa di dalam Islam karena perintah pelaksanaannya diterima oleh Nabi Muhammad dari Allah secara langsung.

Sholat dijadikan sebagai penanda utama dalam status keimanan seorang muslim. Mengerjakan sholat merupakan tanda awal keislaman sedangkan meninggalkan sholat merupakan tanda awal kekafiran.

BACA JUGA: Buya Yahya Raih Gelar Profesor Kehormatan

Pada pelaksanaannya, sholat tidak bisa dilakukan sembarangan. Terdapat syarat sah sholat yang perlu dipenuhi supaya sholatnya sah.

Syarat sah sholat diantaranya, beragama Islam, suci yaitu keadaan bersih dari hadas maupun najis, suci badan, tempat dan pakaian, salat sesuai waktunya, menutup aurat, dan menghadap kiblat.

Seperti diketahui, ada sejumlah dalil diwajibkannya sholat. Seperti Firman Alah SWT dalam Alquran Surat Al Baqarah Ayat 43:

Komentar