Jadwal SIM Keliling di Jakarta Hari Ini, Sabtu 14 Januari 2023

BERIKUT informasi jadwal SIM Keliling di Jakarta pada hari ini, Sabtu 14 Januari 2023.

Hadirnya pelayanan SIM Keliling ini tentu untuk memudahkan masyarakat Jakarta sehigga tak perlu lagi datang ke kantor polisi.

Kenapa wajib perpanjang SIM? Karena SIM adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada orang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas, dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

BACA JUGA: Jadwal SIM Keliling di Bandung Hari Ini, Sabtu 14 Januari 2023

Dikutip dari Wikipedia, setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib memiliki SIM sesuai dengan jenis Kendaraan Bermotor yang dikemudikan (Pasal 77 ayat (1) UU No.22 Tahun 2009).

Peraturan perundang-undangan terbaru adalah Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 yang menggantikan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1992.

UU No 14 Tahun 1992 telah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku, tetapi PP Nomor 44 Tahun 1993 yang menjelaskan UU No 14 Tahun 1992 dinyatakan tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan atau belum diganti dengan yang baru berdasarkan UU No 22 Tahun 2009.

BACA JUGA: Polri Mulai Terapkan BPKB Elektronik, Seperti Apa Sih? Simak Penjelasannya

Awalnya, jenis SIM hanya ada SIM A, B dan C saja, sebelum kemudian diberlakukan aturan baru dengan dibuat SIM D dengan golongan D1 untuk penyandang cacat (disabilitas) roda empat, lalu golongan SIM C dibagi menjadi tiga menurut kapasitas mesin yang digunakan yaitu C, C1 dan C2.

Salah satu pelayanan pemerintah untuk mempermudah perpanjangan SIM adalah SIM Keliling. SIM Keliling sebagai salah satu pelayanan jemput bola yang memudahkan masyarakat mengurus pajak 5 tahunan perpanjangan SIM khusus untuk SIM A Dan SIM C.

Perpanjangan SIM dilakukan setiap 5 tahun sekali dan tidak boleh diwakilkan. Menurut golongannya, ada 2 jenis SIM yang dapat diperpanjang melalui layanan online.

BACA JUGA: Mau Bikin SIM Bayar Pakai Sampah di Polresta Cirebon? Ini Cara dan Tahapannya

Nah, bagi masyarakat yang ingin memperpanjang SIM, khususnya warga Jakarta, maka cukup memperhatikan jadwal SIM Keliling yang di-update setiap hari.

Perlu diingat, layanan SIM Keliling di Jakarta yang digelar jajaran Polda Metro Jaya ini untuk melayani permohonan perpanjangan SIM A dan C.

Komentar