Juara Tidak Terkenal

Juara Tidak Terkenal
0 Komentar

Pertama, distribusi Internal. Yang dimaksud distribusi internal adalah penjualan yang dilakukan di wilayah Indramayu. Ini harus menjadi langkah utama. Sebelum orang lain menikmati beras merek baru ini, masyarakat Indramayu harus terlebih dahulu mencintainya.
Jalur yang bisa ditempuh tentu bisa ke dinas-dinas, kecamatan hingga pemdes. Dari swalayan, warung hingga bumdes. Semua jalur harus dikuasai. Bansos, bagi sembako, pasar murah beras harus menggunakan beras merek Indramayu.
Kedua, distribusi eksternal. Ini maksudnya penjualan di luar Indramayu. Dimulai pasar Wilayah III Cirebon, Jabar-Jateng, dan tentu Jakarta. Bisa melalui pasar bebas atau kerjasama antarpemerintah dan lembaga swasta.
Jika langkah-langkah tersebut secara masif dilakukan, Indramayu bukan saja akan menjadi penghasil beras nomor satu, tetapi merek berasnya juga terkenal. Banyak imbas yang bisa diharapkan. Akan muncul inovasi baru dari produsen beras kita. Akan ada penemuan bibit-bibit unggul varian baru. Juga akan lahir regenerasi petani. Generasi melenial akan tertarik menjadi petani.
Ini hanya sekadar masukan. Semua sangat tergantung kepada para pengambil keputusan dan masyarakat Indramayu. Yang paling penting, apa yang dilakukan hanya untuk petani Indramayu. Juara dan terkenal tujuannya hanya satu: kesejahteraan petani Indramayu. (*)

Laman:

1 2 3
0 Komentar