Kelurahan Kecapi Kota Cirebon Tekan Angka Stunting, Begini Caranya

CIREBON, RadarCirebon.id – Kelurahan Kecapi Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon menekan angka  stunting. Cegah stunting yang dilakukan adalah  dengan menurunkan angkanya.

Stunting adalah  gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Cegah stunting jadi salah satu fokus Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon. Karena itu, berbagai upaya dilakukan secara kolektif dan bersama.

Cegah stunting ini diharapan bisa menurunkan angka stunting di Kota Cirebon. Peran semua pihak harus ada karena butuh program yang tepat.

BACA JUGA: 13 Langkah Cara Daftar TikTok Shop Affiliate untuk Kreator

Salah satu upaya yang dilakukan Kelurahan Kecapi, dengan menggelar Gebyar Stunting. Kegiatan ini, ujar Lurah Kecapi Wawan Gunawan SE, sebagai wujud nyata upaya mencegah dan menurunkan stunting di wilayah tersebut.

Mengingat, berdasarkan data dari kader dan UPT Puskesmas Kecapi, ada 162 anak di wilayahnya yang terindikasi stunting. “Kami gandeng semua pihak untuk melakukan langkah nyata, dalam upaya menurunkan stunting,” ujarnya.

Kegiatan Gebyar Stunting, lanjut Wawan, dengan memberikan gizi seimbang untuk 162 anak di Kelurahan Kecapi yang terindikasi stunting, bingkisan dan penyuluhan kepada calon pengantin, ibu hamil, dan pemberian makanan gizi seimbang untuk balita.

Persoalan stunting, ujarnya, dapat ditekan dengan langkah bersama. Karena masa depan Indonesia, ada di pundak generasi penerus yang berkualitas dan sehat.

BACA JUGA: Cara Pinjam Uang di Dana, Mudah Tanpa Ribet

Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati mengapresiasi langkah Kelurahan Kecapi, dalam upaya menurunkan angka stunting di wilayahnya.

Hal ini, diharapkan secara konsisten dan berkesinambungan dilakukan pada semua kelurahan di Kota Cirebon. Termasuk pula, para pihak terkait dan seluruh elemen yang ada.

“Upaya menurunkan stunting lebih optimal dengan kolaborasi dan sinergitas antara pemerintah, swasta, dan masyarakat,” ucapnya.

BACA JUGA: Cara Mudah Koneksikan NIK dan NPWP untuk Pajak, Ternyata Gampang

Penyuluhan kepada calon pengantin dan ibu hamil, kata Eti Herawati, menjadi hal penting dalam memaksimalkan peran keluarga, untuk menurunkan angka stunting.

Pemda Kota Cirebon, akan terus menekan angka stunting. Tidak hanya persoalan angka, lebih dari itu. Yaitu, ujar perempuan yang akan maju sebagai Calon Walikota Cirebon ini, tumbuhnya generasi penerus yang berkualitas dan sehat, untuk Indonesia dan Kota Cirebon yang lebih baik.

Komentar